Edukasi Narkoba Berbasis Neurosains untuk Meningkatkan Kesadaran Pola Hidup Sehat di Desa Gempol

Authors

DOI:

https://doi.org/10.58545/djpm.v4i2.495

Abstract

Penyalahgunaan narkoba merupakan isu kesehatan masyarakat yang mendesak di Indonesia, termasuk di wilayah pedesaan seperti Desa Gempol, Kabupaten Pasuruan. Program pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat melalui edukasi berbasis neurosains tentang bahaya narkoba dan pentingnya pola hidup sehat. Metode kegiatan meliputi survei awal, penyusunan dan validasi materi, seminar interaktif, diskusi kelompok, serta evaluasi menggunakan pre-test dan post-test. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan pengetahuan dan sikap peserta setelah edukasi, dari kategori “cukup” menjadi “baik” dan dari sikap “netral” menjadi “positif”. Kegiatan ini menunjukkan bahwa pendekatan berbasis neurosains yang komunikatif dan visual efektif dalam mengubah pemahaman dan perilaku masyarakat terhadap narkoba. Partisipasi aktif mitra dan tokoh masyarakat memperkuat keberhasilan kegiatan serta menjadi dasar penting untuk keberlanjutan intervensi preventif di tingkat komunitas.

Keywords:

Edukasi Narkoba, Neurosains, Pola Hidup Sehat, Pemberdayaan Komunitas

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amin, Y., & Haswita, H. (2024). Upaya Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Remaja Terkait Penyalahgunaan Narkoba Melalui Edukasi Berbasis Health Promotion Model. Jurnal Pengabdian Kesehatan Masyarakat Mulawarman, 2(2), 8–16.

Azhar, D. A., Sawitri, H., & Rahayu, M. S. (2023). Pengaruh Edukasi Penyalahgunaan NAPZA terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap pada Siswa SMA Negeri 6 Lhokseumawe. GALENICAL: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan Mahasiswa Malikussaleh, 2(3), 1–12.

Darcq, E., & Kieffer, B. L. (2024). Neuroscience and addiction research: current advances and perspectives. Journal of Neural Transmission, 131(5), 405–408. https://doi.org/10.1007/s00702-024-02763-5

Halsall, T., Mahmoud, K., Pouliot, A., & Iyer, S. N. (2022). Building engagement to support adoption of community-based substance use prevention initiatives. BMC Public Health, 22(1), 2213. https://doi.org/10.1186/s12889-022-14496-9

Khasanah, A., Handayani, D., & Ibad, M. (2022). Literature Review: Gambaran Efektivitas Penggunaan Media Video terhadap Pengetahuan Remaja Tentang Bahaya Narkoba. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 1, 691–700. https://doi.org/10.58344/jmi.v1i2.33

Koob, G., & Le Moal, M. (2006). Neurobiology of Addiction Academic Press: San Diego. CA.

Luciani, Michela, Montali, Lorenzo, Nicolò, Gabriella, Fabrizi, Diletta, Di Mauro, Stefania, & Ausili, Davide. (2020). Self-care is Renouncement, Routine, and Control: The Experience of Adults with Type 2 Diabetes Mellitus. Clinical Nursing Research, 30(6), 892–900. https://doi.org/10.1177/1054773820969540

McGowan, V. J., Buckner, S., Mead, R., McGill, E., Ronzi, S., Beyer, F., & Bambra, C. (2021). Examining the effectiveness of place-based interventions to improve public health and reduce health inequalities: an umbrella review. BMC Public Health, 21(1), 1888. https://doi.org/10.1186/s12889-021-11852-z

Novita, A. A., & Arief, C. P. (2025). Edukasi Berbasis Self-care untuk Peningkatan Pengetahuan dan Perilaku Masyarakat dalam Mengontrol Gula Darah pada Penyakit Diabetes Mellitus di RSUD Jombang. DEDIKASI SAINTEK: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 24–32.

Nutt, D. J., King, L. A., & Nichols, D. E. (2013). Effects of Schedule I drug laws on neuroscience research and treatment innovation. Nature Reviews. Neuroscience, 14(8), 577–585. https://doi.org/10.1038/nrn3530

Retno, M., & Dewi, D. (2019). Policy Evolution In Drug Prevention Efforts in Indonesia. The Seybold Report, 17, 2206–2215. https://doi.org/10.5281/zenodo.7393637

Saraswati, A. A. S. R. P., & Lubis, D. S. (2020). Partisipasi Masyarakat Dalam Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat Untuk Meningkatan GERMAS Di Desa Gunaksa. ARCHIVE OF COMMUNITY HEALTH; Vol 7 No 2 (2020): Desember 2020DO - https://ojs.unud.ac.id/index.php/ach/article/view/67382

Sisillia, L., Widiastuti, T., Roslinda, E., Gultom, K. M., & Sari, E. (2024). Edukasi Partisipatif Tentang Hasil Hutan Bukan Kayu Bagi Masyarakat Sebagai Upaya Untuk Melestarikan Hutan Kalimantan. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 5(2), 198–204.

Suherman, A. D., & Wahyudin, U. (2023). Evaluasi Program P4Gn (Pencegahan Penyalahgunaan Dan Peredaran Gelap Narkotika) Lembaga Bnnk Kota Cimahi Dengan Model Cipp. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 1, 5–24.

Sukriani, W., Yuniasi, R., & Eline Charla Sabatina. (2025). Efektivitas Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Video Animasi Terhadap Pengetahuan dan Perilaku SADARI Remaja Putri di SMAN 1 Kapuas Hilir: The Effectiveness of Health Education Using Animation Video Media on the Knowledge and Behavior of BSE of Adolescent Girls at SMAN 1 Kapuas Hilir. Jurnal Forum Kesehatan : Media Publikasi Kesehatan Ilmiah, 15(1 SE-Articles), 6–14. https://doi.org/10.52263/jfk.v15i1.267

Turner, B. D., Kashima, D. T., Manz, K. M., Grueter, C. A., & Grueter, B. A. (2018). Synaptic Plasticity in the Nucleus Accumbens: Lessons Learned from Experience. ACS Chemical Neuroscience, 9(9), 2114–2126. https://doi.org/10.1021/acschemneuro.7b00420

Volkow, N. D., Koob, G. F., & McLellan, A. T. (2016). Neurobiologic advances from the brain disease model of addiction. New England Journal of Medicine, 374(4), 363–371.

Downloads

Published

26-08-2025

How to Cite

Cahyono, B. D., Aristawati, E., Huda, N., & Kurdi, F. (2025). Edukasi Narkoba Berbasis Neurosains untuk Meningkatkan Kesadaran Pola Hidup Sehat di Desa Gempol . DEDIKASI SAINTEK Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 175–182. https://doi.org/10.58545/djpm.v4i2.495

PlumX Metrics

Most read articles by the same author(s)