
Pelatihan Komunikasi Satu Arah, Komunikasi Dua Arah dan Komunikasi Transaksional Pada Siswa Di SMK Negeri 14 Medan
DOI:
https://doi.org/10.58545/djpm.v4i1.491Abstract
Komunikasi satu arah adalah bentuk komunikasi dimana informasi hanya mengalir dari pengirim ke penerima tanpa adanya umpan balik langsung. Komunikasi ini bersifat pasif bagi penerima, yang hanya menerima pesan tanpa bisa merespon secara langsung. Komunikasi dua arah adalah bentuk komunikasi yang melibatkan proses pertukaran informasi antara pengirim dan penerima, dimana kedua belah pihak dapat berperan secara aktif. Komunikasi transaksional adalah bentuk komunikasi yang dinamis, dimana pengirim dan penerima saling mempengaruhi satu sama lain dalam proses komunikasi. Dalam model ini, kedua belah pihak berperan secara simultan sebagai pengirim dan penerima.Tujuan Pengabdian masyarakat ini untuk memberikan pelatihan dan penyampaian materi tentang komunikasi satu arah, komunikasi dua arah, komunikasi transaksional. Metode yang digunakan adalah pelatihan pada siswa-siswi SMK Negeri 14 Medan sehingga dapat mempraktekkan komunikasi satu arah, komunikasi dua arah dan komunikasi transaksional. Hasil dari adanya program ini dapat juga dilihat dari bertambahnya pengetahuan tentang komunikasi satu arah, komunikasi dua arah dan komunikasi transaksional pada siswa-siswi SMK Negeri 14 Medan dalam berkomunikasi dengan guru, teman sekelas, keluarga, dan dilingkungan masyarakat. Beberapa faktor yang mendukung terlaksananya kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah besarnya minat dan antuasisme siswa selama kegiatan. Sehingga kegiatan berlangsung dengan lancar dan efektif. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu pelatihan.
Keywords:
Komunikasi Satu Arah, Komunikasi Dua Arah, Komunikasi Transaksional, SiswaDownloads
References
Abdikarimova, M., Tashieva, N., & Abdullaeva, Z. (2021). Developing students verbal communication skills and speech etiquette in english language teaching. Open Journal of Modern Linguistics, 11(1), 83-89. https://doi.org/10.4236/ojml.2021.111007
Al- Badawi, M. A. B. A., & Rahadi, D. R. (2021). Analisis Komunikasi Interpersonal Antar Mahasiswa President University. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9 (1),123-137. https://doi.org/10.21009/COMMUNICO LOGY.021.09
Cangara, H. (2011). Pengantar ilmu komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Effendy, O.U (2019). Humas Suatu Studi Komunikologis. Bandung, PT: Remaja Rosdakarya
Fitriyani, F., Ainii, L. Q., Jannah, R., & Maryam, S. (2024). Analysis of sign language skills in improving communication and learning for deaf children. Continuous Education: Journal of Science and Research, 5(1), 30-39. https://doi.org/10.51178/ce.v5i1.1757
Kent, M. L., & Lane, A. (2021). Two-way communication, symmetry, negative spaces, and dialogue. Public Relations Review, 47(2), 102014. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2021.102014
Hamdan. (2019). Komunikasi Satu Arah dan Dua Arah. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 10(2), 20-30. https://doi.org/10.32505/hikmah.v10i2.1709
Hegedűs, I., Danner, G., & Jelasity, M. (2021). Decentralized learning works: An empirical comparison of gossip learning and federated learning. Journal of Parallel and Distributed Computing, 148, 109-124. https://doi.org/10.1016/j.jpdc.2020.10.006
Heywood, E., & Yaméogo, L. (2022). Radio and social media as a two-way communication tool in conflict-and pandemic-affected communities in Burkina Faso. African Journalism Studies, 43(4), 44-61. https://doi.org/10.1080/23743670.2023.2204447
Howard, P. L., & Sedgewick, F. (2021). ‘Anything but the phone!’: Communication mode preferences in the autism community. Autism, 25(8), 2265-2278. https://doi.org/10.1177/13623613211014995
Sinaga, M. U., Yen, L., Williyansen, K. E., & Nasution, J. (2022). Developing of listening skills through digital learning medias for ilfs students. Metholangue: Language Teaching and Literature, Linguistics and Literature, 7(2), 1-7. https://doi.org/10.46880/metholangueVol.7Issue.2Page1-7
Mufid, M. (2017). Komunikasi dan Regulasi Penyiaran, Jakarta: Kencana
Muhammad, A. (2019). Komunikasi Organisasi, PT. Bumi Aksara
Nisa, I. C., Rooswidjajani, R., & Fristin, Y. (2018). Pengaruh Komunikasi Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 5 (2). https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jb m/article/view/26631
Nuruddin. (2009). Pengantar Komunikasi Massa, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sihabudin, H. A. (2022). Komunikasi antarbudaya: Satu perspektif multidimensi. Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurul Saniah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Most read articles by the same author(s)
- Indah Lestari, Nurul Saniah, Muhammad Fauzan Arrasid, Pelatihan Komunikasi Intrapersonal, Komunikasi Interpersonal, dan Komunikasi Organisasi Pada Siswa Di SMK Swasta PAB 1 Helvetia Medan , DEDIKASI SAINTEK Jurnal Pengabdian Masyarakat: Vol. 3 No. 2 (2024): Agustus 2024