Pelatihan Komunikasi Satu Arah, Komunikasi Dua Arah dan Komunikasi Transaksional Pada Siswa Di SMK Negeri 14 Medan

Authors

  • Indah Lestari Universitas Potensi Utama, Medan
  • Nurul Saniah Universitas Potensi Utama, Medan
  • Sabina Balqis Universitas Potensi Utama, Medan

DOI:

https://doi.org/10.58545/djpm.v4i1.491

Abstract

Komunikasi satu arah adalah bentuk komunikasi dimana informasi hanya mengalir dari pengirim ke penerima tanpa adanya umpan balik langsung. Komunikasi ini bersifat pasif bagi penerima, yang hanya menerima pesan tanpa bisa merespon secara langsung. Komunikasi dua arah adalah bentuk komunikasi yang melibatkan proses pertukaran informasi antara pengirim dan penerima, dimana kedua belah pihak dapat berperan secara aktif. Komunikasi transaksional adalah bentuk komunikasi yang dinamis, dimana pengirim dan penerima saling mempengaruhi satu sama lain dalam proses komunikasi. Dalam model ini, kedua belah pihak berperan secara simultan sebagai pengirim dan penerima.Tujuan Pengabdian masyarakat ini untuk memberikan pelatihan dan penyampaian materi tentang komunikasi satu arah, komunikasi dua arah, komunikasi transaksional. Metode yang digunakan adalah pelatihan pada siswa-siswi SMK Negeri 14 Medan sehingga dapat mempraktekkan komunikasi satu arah, komunikasi dua arah dan komunikasi transaksional. Hasil dari adanya program ini dapat juga dilihat dari bertambahnya pengetahuan tentang komunikasi satu arah, komunikasi dua arah dan komunikasi transaksional pada siswa-siswi SMK Negeri 14 Medan dalam berkomunikasi dengan guru, teman sekelas, keluarga, dan dilingkungan masyarakat. Beberapa faktor yang mendukung terlaksananya kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah besarnya minat dan antuasisme siswa selama kegiatan. Sehingga kegiatan berlangsung dengan lancar dan efektif. Sedangkan faktor penghambatnya adalah keterbatasan waktu pelatihan.

Keywords:

Komunikasi Satu Arah, Komunikasi Dua Arah, Komunikasi Transaksional, Siswa

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdikarimova, M., Tashieva, N., & Abdullaeva, Z. (2021). Developing students verbal communication skills and speech etiquette in english language teaching. Open Journal of Modern Linguistics, 11(1), 83-89. https://doi.org/10.4236/ojml.2021.111007

Al- Badawi, M. A. B. A., & Rahadi, D. R. (2021). Analisis Komunikasi Interpersonal Antar Mahasiswa President University. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9 (1),123-137. https://doi.org/10.21009/COMMUNICO LOGY.021.09

Cangara, H. (2011). Pengantar ilmu komunikasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Effendy, O.U (2019). Humas Suatu Studi Komunikologis. Bandung, PT: Remaja Rosdakarya

Fitriyani, F., Ainii, L. Q., Jannah, R., & Maryam, S. (2024). Analysis of sign language skills in improving communication and learning for deaf children. Continuous Education: Journal of Science and Research, 5(1), 30-39. https://doi.org/10.51178/ce.v5i1.1757

Kent, M. L., & Lane, A. (2021). Two-way communication, symmetry, negative spaces, and dialogue. Public Relations Review, 47(2), 102014. https://doi.org/10.1016/j.pubrev.2021.102014

Hamdan. (2019). Komunikasi Satu Arah dan Dua Arah. Al-Hikmah Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Kebudayaan, 10(2), 20-30. https://doi.org/10.32505/hikmah.v10i2.1709

Hegedűs, I., Danner, G., & Jelasity, M. (2021). Decentralized learning works: An empirical comparison of gossip learning and federated learning. Journal of Parallel and Distributed Computing, 148, 109-124. https://doi.org/10.1016/j.jpdc.2020.10.006

Heywood, E., & Yaméogo, L. (2022). Radio and social media as a two-way communication tool in conflict-and pandemic-affected communities in Burkina Faso. African Journalism Studies, 43(4), 44-61. https://doi.org/10.1080/23743670.2023.2204447

Howard, P. L., & Sedgewick, F. (2021). ‘Anything but the phone!’: Communication mode preferences in the autism community. Autism, 25(8), 2265-2278. https://doi.org/10.1177/13623613211014995

Sinaga, M. U., Yen, L., Williyansen, K. E., & Nasution, J. (2022). Developing of listening skills through digital learning medias for ilfs students. Metholangue: Language Teaching and Literature, Linguistics and Literature, 7(2), 1-7. https://doi.org/10.46880/metholangueVol.7Issue.2Page1-7

Mufid, M. (2017). Komunikasi dan Regulasi Penyiaran, Jakarta: Kencana

Muhammad, A. (2019). Komunikasi Organisasi, PT. Bumi Aksara

Nisa, I. C., Rooswidjajani, R., & Fristin, Y. (2018). Pengaruh Komunikasi Dan Lingkungan Kerja Fisik Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 5 (2). https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jb m/article/view/26631

Nuruddin. (2009). Pengantar Komunikasi Massa, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sihabudin, H. A. (2022). Komunikasi antarbudaya: Satu perspektif multidimensi. Bumi Aksara.

Downloads

Published

29-04-2025

How to Cite

Lestari, I., Saniah, N., & Balqis, S. (2025). Pelatihan Komunikasi Satu Arah, Komunikasi Dua Arah dan Komunikasi Transaksional Pada Siswa Di SMK Negeri 14 Medan. DEDIKASI SAINTEK Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 70–78. https://doi.org/10.58545/djpm.v4i1.491

Issue

Section

Articles

PlumX Metrics