Upaya Peningkatan Kesehatan Mental Remaja Melalui Stimulasi Perkembangan Psikososial Pada Remaja

Authors

DOI:

https://doi.org/10.58545/djpm.v2i2.180

Abstract

Sikap dan perilaku siswa yang tidak sesuai dengan norma disekolah menjadi gambaran kesehatan mental remaja, seperti tidak disiplin, melanggar aturan sekolah, masalah kesulitan belajar, masalah sikap, masalah dalam pembelajaran, masalah emosi serta berbagai bentuk kenakalan remaja yang cenderung kepada bentuk pelanggaran kriminal. Hasil riset Indonesia-National Adolescent Mental Health Survey (I-NAMHS) menunjukkan 2,45 juta remaja Indonesia mengalami gangguan mental. Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mengetahui masalah kesehatan mental remaja disekolah serta meningkatkan kesehatan mental remaja melalui pemberian stimulasi perkembangan psikososial pada remaja. Metode yang digunakan adalah deteksi dini dengan instrument Strenght and Difficulties Questionnaire (SDQ), pemberian edukasi mengenal pentingnya kesehatan mental pada remaja serta penerapan asuhan keperawatan jiwa sehat pada remaja melalui pemberian intervensi stimulasi perkembangan psikososial pada remaja. Hasil pengabdian masyarakat ini menunjukkan sebagian besar siswa  (63%) mengalami gangguan mental emosional (GME) atau masalah kesehatan mental berdasarkan instrument SDQ. Hasil kegiatan ini juga menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan siswa tentang kesehatan mental dan kemampuan siswa melakukan stimulasi perkembangan psikososial. Pemantauan dan intervensi lebih lanjut yang bekerjasama dengan lintas program dan lintas sekotor sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan mental lebih lanjut.

 

 

Keywords:

Asuhan keperawatan jiwa sehat, GME, SDQ, Sekolah, Psikososial, Remaja

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nurul Mawaddah, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Majapahit, Mojokerto, Indonesia

Departemen Keperawatan Jiwa, Program Studi S1 Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Majapahit, Mojokerto, Indonesia

Anndy Prastya, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Majapahit, Mojokerto, Indonesia

Departemen Keperawatan Jiwa, Program Studi S1 Ilmu Keperawatan, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Majapahit, Mojokerto, Indonesia

References

Anindyajati, P. D. (2013). Status Identitas Remaja Akhir: Hubungannya dengan gaya pengasuhan orangtua dan tingkat kenakalan remaja. Character, 1(2), 1–6.

Center for Reproductive Health, University of Queensland, & Johns Bloomberg Hopkins School of Public Health. (2022). Indonesia-National Adolescent Mental Health Survey (I-NAMHS): Laporan Penelitian. https://qcmhr.org/wp-content/uploads/2023/02/I-NAMHS-Report-Bahasa-Indonesia.pdf

Cho, S. M., & Shin, Y. M. (2013). The promotion of mental health and the prevention of mental health problems in child and adolescent. Korean Journal of Pediatrics, 56(11), 459–646. DOI: https://doi.org/10.3345/kjp.2013.56.11.459

Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan NAPZA, & Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit. (2021). Petunjuk Teknis Pencegahan dan Pengendalian Gangguan Mental Emosional. Kementerian Kesehatan RI.

Hamdan, F. D., Umar, A., & Makkau, B. (2023). Edukasi Kesehatan Mental Siswa Melalui Program Literaspi di Sekolah Kota Palopo. ABDIMAS, 2(1), 36–47. DOI: https://doi.org/10.54066/abdimas.v2i1.262

Keliat, B. A., Helena, N., & Farida, P. (2011). Manajemen Keperawatan Psikososial dan Kader Kesehatan Jiwa : CMHN (Intermediate course). EGC.

Kessler, R. C., Berglund, P., Demler, O., Jin, R., Merikangas, K. R., & Walters, E. E. (2005). Lifetime prevalence and age-of-onset distributions of DSM-IV disorders in the National Comorbidity Survey Replication. Archives of General Psychiatry, 62(6), 593–602. DOI: https://doi.org/10.1001/archpsyc.62.6.593

Ridlo, I. A. (2020). Pandemi COVID-19 dan Tantangan Kebijakan Kesehatan Mental di Indonesia. Jurnal Psikologi Dan Kesehatan Mental, 5(2), 155–164. https://doi.org/10.20473/jpkm.v5i12020.155-164 DOI: https://doi.org/10.20473/jpkm.V5I22020.162-171

Rusuli, I. (2022). PSIKOSOSIAL REMAJA: SEBUAH SINTESA TEORI ERICK ERIKSON DENGAN KONSEP ISLAM. Jurnal As-Salam, 6(1), 75–89. https://jurnal-assalam.org/index.php/JAS/article/view/384/196 DOI: https://doi.org/10.37249/assalam.v6i1.384

Saputra, N. A. (2014). Pengaruh Stimulasi Perkembangan Psikososial Pada Remaja Terhadap Pencapaian Identitas Diri Di SMPN 20 Semarang [Fakultas Ilmu Keperawatan Unissula]. http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/2118

Savira, R., & Pranaz, N. (2021). A SURVEY ON PROBLEMS CAUSED BY PSYCHOLOGICAL FACTORS AMONG GEN Z. Jurnal Dakwah Dan Ilmu Komunikasi, 2(2). https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/alhikmah

Savitrie, E. (2022). Mengenal Pentingnya Kesehatan Mental Pada Remaja. Yankes.Kemkes.Go.Id. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/362/mengenal-pentingnya-kesehatan-mental-pada-remaja

Stuart, G. W. (2013). Principles and practice of psychiatric nursing (10th ed.). Mosby.

Suswati, W. S. E., Budiman, M. E. A., & Yuhbaba, Z. N. (2023). Kesehatan Mental Pada Remaja Dilingkungan Sekolah Menengah Atas Wilayah Urban dan Rural Kabupaten Jember. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 11(3), 537–544. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKJ/article/viewFile/11121/pdf

Townsend, M. C. (2018). Psyciatric Mental Health Nursing : Concepts Of Care In Evidence- based Pratice. Philadelphia, PA : Davis Company.

WHO. (2021). Comprehensive Mental Health Action Plan who 2013-2030. https://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwjyuKP1wMeAAxU73TgGHU7SA4wQFnoECBkQAQ&url=https%3A%2F%2Fapps.who.int%2Firis%2Frest%2Fbitstreams%2F1371507%2Fretrieve&usg=AOvVaw1Mtrdmanj9GFz0Ba9eFeN4&opi=89978449

World Health Organization. (2022). World Mental Health Report : Transforming mental health for all.

Downloads

Published

13-08-2023

How to Cite

Mawaddah, N., & Prastya, A. (2023). Upaya Peningkatan Kesehatan Mental Remaja Melalui Stimulasi Perkembangan Psikososial Pada Remaja. DEDIKASI SAINTEK Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 115–125. https://doi.org/10.58545/djpm.v2i2.180

PlumX Metrics