
Peningkatan Etika Penggunaan Media Sosial Melalui Pembelajaran Diskusi Kelompok Pada Siswa SMK Negeri 3 Baubau
DOI:
https://doi.org/10.58545/djpm.v4i1.286Abstract
Perkembangan teknologi dan internet, telah menghubungkan setiap manusia ke dalam sebuah dunia baru, dunia digital tanpa batas. Kemajuan teknologi berdampak pada cara komunikasi seseorang, berbagi berita, mencari informasi, gaya belajar, dan konten. Adab menggunakan media sosial adalah suatu sikap dan perilaku yang harus di kedepankan ketika berinteraksi dengan orang lain ketika menggunakan media sosial sehingga menghindari dari dampak negatif yang merugikan diri sendiri dan orang lain khususnya dikalangan remaja. Oleh karena itu, Pembelajaran ini dilakukan agar membiasakan sikap menggunakan media sosial yang santun, saling menghormati, bertanggung jawab, semangat kebangsaan dan cinta damai serta meyakini bahwa adab menggunakan media sosial dalam islam dapat memberi keselamatan bagi individu dan masyarakat. Tujuan Pembelajaran dapat meningkatkan adab siswi SMK Negeri 3 Baubau kelas XI kecantikan II dalam menggunakan media sosial. Pembelajaran ini menggunakan metode Diskusi yang membantu siswi memahami etika dalam menggunakan media sosial. Hasil dari kegiatan ini adalah dapat meningkatkan pengetahuan siswi kelas XI Kecantikan II mengenai adab menggunakan media sosial.
Keywords:
Etika, Media Sosial, Pembelajaran Diskusi Kelompok, SiswaDownloads
References
Afriani, F., & Azmi, A. (2020). Penerapan Etika Komunikasi di Media Sosial: Analisis Pada Grup WhatsApps Mahasiswa PPKn Tahun Masuk 2016 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang. Journal of Civic Education, 3(3), 331–338. http://dx.doi.org/10.24036/jce.v3i3.372
Delpa, D., & Elysia, E. (2022). Etika Pengguna Sosial Media di Kalangan Siswa SMA di Kota Padang, Sumatera Barat. JISOS: Jurnal Ilmu Sosial, 1(1), 37–44. Retrieved from https://bajangjournal.com/index.php/JISOS/article/view/1364
Harun, B., Magdalena, M., & Ratnasari, D. (2022). Dampak digital terhadap Kesehatan Mental Remaja di SMA Bawakaraeng. Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 4(2), 61-68. https://doi.org/10.57214/pengabmas.v4i2.453
Iriyani, A., & Lestari, D. P. (2023). Literasi Digital sebagai Upaya Membangun Karakter Masyarakat Digital. 8(3), 167–172. https://ejournal.uigm.ac.id/index.php/PDP/article/download/3236/1983/9040
Kusumasari, D., & Arifianto, S. (2020). Makna Teks Ujaran Kebencian Pada Media Sosial. Jurnal Komunikasi, 12(1), 1–15. https://doi.org/10.24912/jk.v12i1.4045
Mira, M., Takdir, T., Fitriani, F., & P, S. (2024). Peningkatan Ranah Kognitif Melalui Metode Schaffolding Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 16(1), 186-197. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v16i1.2691
Orlin, S., & Lahmuddin, L. (2023). Revitalization of Civic Disposition to Improve Digital Ethics in the Era of 5.0 Society at Dharma Patra Private High School Pangkalan Brandan T.P 2022/2023. Holistic Science, 3(2), 101–105. https://doi.org/10.56495/hs.v3i2.384
Putri, A. R., Budiani, H., Khadijah, L., & Aeni, A. N. (2022). Penyuluhan Pentingnya Etika Bermedia Sosial Bagi Seorang Muslim Guna Mencegah Penyalahgunaan Dalam Bermedia Sosial. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(1), 86-92. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i1.1316
Rahmat, A., Nugroho, H. (2017). Rosmalina, A., & Khaerunnisa, T. (2021). Penggunaan Media Sosial dalam Kesehatan Remaja. Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal. 4(1). 49-58 http://dx.doi.org/10.24235/prophetic.v4i1.8755
Safuan, M., & Aufa, K. R. (2022). Adab komunikasi dalam Islam: Bijak dalam bermedia sosial. Jurnal Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam, 16(2), 280-296. https://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id
Sirait, I. (2022). Pendidikan Karakter Dalam Pendidikan Islam. Pendalas: Jurnal penelitian tindakan kelas dan pengabdian masyarakat, 2(2), 82-88. https://doi.org/10.47006/pendalas.v2i2.100
Yuniarto, B., & Yudha, R. P. (2021). Literasi digital sebagai penguatan pendidikan karakter menuju era society 5.0. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2). http://dx.doi.org/10.24235/edueksos.v10i2.8096
Zubaedi, Utomo, P., & Heriadi, M. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Bimbingan Pribadi-Sosial dan Pengaruhnya Terhadap Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan Pada Masyarakat. Manhaj: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 10(2), 129–146. http://dx.doi.org/10.29300/mjppm.v10i2.3648
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurfina

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Most read articles by the same author(s)
- Aldo, Rasman Sastra Wijaya, Layanan Informasi untuk Meningkatkan Kesadaran Diri Siswa SMK Negeri 3 Baubau dalam Mencegah Perilaku Bullying , DEDIKASI SAINTEK Jurnal Pengabdian Masyarakat: Vol. 3 No. 2 (2024): Agustus 2024
- Sarah Adilla Ahmad, Rasman Sastra Wijaya, Strategi Penanganan Kenakalan Siswa melalui Bimbingan dan Konseling untuk Pengembangan Karir di SMK 3 Baubau , DEDIKASI SAINTEK Jurnal Pengabdian Masyarakat: Vol. 3 No. 3 (2024): Desember 2024