Strategi Penanganan Kenakalan Siswa melalui Bimbingan dan Konseling untuk Pengembangan Karir di SMK 3 Baubau

Authors

  • Sarah Adilla Ahmad Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia
  • Rasman Sastra Wijaya Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia https://orcid.org/0000-0001-9870-6500

DOI:

https://doi.org/10.58545/djpm.v3i3.312

Abstract

Kenakalan remaja memiliki dampak yang luas, baik pada individu, keluarga, maupun masyarakat. Layanan bimbingan dan konseling merupakan salah satu cara untuk mengembangkan karir masa depan siswa. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan memberikan pemahaman yang mendalam kepada siswa SMKN 3 Baubau tentang prevensi kenakalan siswa serta peningkatan kesiapan pengembangan karir melalui bimbingan dan konseling. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini melalui konseling intensif pada siswa seperti konseling individual, bimbingan kelompok dan bimbingan klasikal. dari suatu gejala akan fenomena yang ada ketika artikel dilakukan. Layanan bimbingan dan konseling sangat penting dalam pengembangan karir masa depan siswa SMKN 3 Baubau, karena siswa dapat secara aktif dalam menceritakan dan mendiskusikan masalah yang sedang mereka alami dan tujuan untuk mengembangkan karir siswa. Sekolah perlu memberikan bimbingan dan konseling secara terstruktur dan berkelanjutan, agar siswa dapat memahami dan menerima diri dan lingkungan belajar, merencanakan kegiatan dalam penyelesaian studi, serta perkembangan karir dan kehidupannya di masa yang akan datang.

Keywords:

Kenakalan Siswa, Bimbingan dan Konseling, Pengembangan Karir

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sarah Adilla Ahmad, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia

Program studi Bimbingan & Konseling

Rasman Sastra Wijaya, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Buton, Indonesia

Program studi Bimbingan & Konseling,

References

Adiputra, S. (2015). Penggunaan teknik modeling terhadap perencanaan karir siswa. Jurnal Fokus Konseling, 1(1). https://doi.org/10.52657/jfk.v1i1.70

Ardiansyah, R. (2023). Kenakalan Siswa Dan Implikasinya Terhadap Bimbingan Dan Konseling. Counseling For All: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(2), 1-14. https://doi.org/10.57094/jubikon.v3i2.1086 DOI: https://doi.org/10.57094/jubikon.v3i2.1086

Bustan, R., & Sutiasasmitha, E. (2018). Pengabdian kepada masyarakat pelayanan konseling individu dan kelompok pada warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Tangerang. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, 4(4), 236-250. http://dx.doi.org/10.36722/sh.v4i4.301 DOI: https://doi.org/10.36722/sh.v4i4.301

Handayani, S., Sion, H., & Azahari, A. R. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Manar Pangkalan Bun Kabupaten Kotawaringin Barat. Journal of Environment and Management, 1(2), 152-163. https://doi.org/10.37304/jem.v1i2.1752

Husni, M. (2017). Layanan Konseling Individual Remaja; Pendekatan Behaviorisme. Al-Ibrah: Jurnal Pendidikan dan Keilmuan Islam, 2(2), 55-78. https://www.ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/30

Idaningsih, A. (2021). Psikologi kebidanan; Buku Penerbit Lovrinz. LovRinz Publishing.

Isnaeni, R. (2024). Hubungan positivity dan stres dengan subjective well-being pada mahasiswa S1 Universitas Islam Negerti Maulana Malik Ibrahim Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). http://etheses.uin-malang.ac.id/64728/

Khoiriyah, S. N. (2021). Survey Pelaksanaan Layanan Bimbingan Karier di SMP Negeri 3 Waru (Doctoral dissertation, Universitas PGRI Adibuana Surabaya). https://repository.unipasby.ac.id/id/eprint DOI: https://doi.org/10.36456/helper.vol38.no1.a3334

Lukman, G. A., Alifah, A. P., Divarianti, A., & Humaedi, S. (2021). Kasus narkoba di Indonesia dan upaya pencegahannya di kalangan remaja. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(3), 405-417. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i3.36796 DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v2i3.36796

Maulidiyah, A., Muhammad, D. H., & Syahrin, M. A. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Religious Dalam Membentuk Kepribadian Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Miftahussalam Kecamatan Lumbang Kabupaten Probolinggo. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 29-44. https://doi.org/10.37286/ojs.v8i2.158 DOI: https://doi.org/10.37286/ojs.v8i2.158

Ratriningtyas, G. N. (2024). Peran orang tua untuk mencegah terjadinya kenakalan remaja di desa nyamat. Indonesian Journal of Muhammadiyah Studies (IJMUS), 5(1), 15-22. https://doi.org/10.62289/ijmus.v5i1.339 DOI: https://doi.org/10.62289/ijmus.v5i1.339

Refnandes, R., Fajria, L., & Nelwati, N. (2023). Hubungan Kontrol Diri Dan Spiritualitas Dengan Kenakalan Remaja Di Kota Padang. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 487-494. http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3180 DOI: https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.3180

Rochaniningsih, N. S. (2014). Dampak pergeseran peran dan fungsi keluarga pada perilaku menyimpang remaja. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1). http://dx.doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2618 DOI: https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2618

Rofiqah, T., & Sitepu, H. (2019). Bentuk kenakalan remaja sebagai akibat broken home dan implikasinya dalam pelayanan bimbingan konseling. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 6(2). https://doi.org/10.33373/kop.v6i2.2136 DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v6i2.2136

Suarjana, A. A. G. M., Wahyuni, L. M., & Putra, I. K. M. (2022). Pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja Dalam Upaya Mewujudkan Integrasi Kompetensi Hard skill, Soft Skill Lulusan Akuntansi. Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 18(2), 125-137. https://ojs2.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/view/603 DOI: https://doi.org/10.31940/jbk.v18i2.125-137

Yanda, M., Aprilliani, R. F., Febriana, S. A., Nurramdhani, W. F., Mutamimah, W. S., & Nurjaman, A. R. (2024). Pengaruh Westernisasi Terhadap Gaya Hidup Remaja Di Kota Besar Dalam Pandangan Islam. Tashdiq: Jurnal Kajian Agama dan Dakwah, 3(2), 1-15. https://doi.org/10.4236/tashdiq.v3i2.2721

Yunanto, T. A. R., & Putra, D. A. A. (2023). Pengalaman Mencapai Flourishing pada Masa Quarter-Life Crisis. Jurnal Psikologi Sains dan Profesi (Journal of Psychological Science and Profession), 7(3), 236-255. https://doi.org/10.24198/jpsp.v7i3.49496 DOI: https://doi.org/10.24198/jpsp.v7i3.49496

Downloads

Published

08-12-2024

How to Cite

Ahmad, S. A., & Wijaya, R. S. (2024). Strategi Penanganan Kenakalan Siswa melalui Bimbingan dan Konseling untuk Pengembangan Karir di SMK 3 Baubau . DEDIKASI SAINTEK Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 304–312. https://doi.org/10.58545/djpm.v3i3.312

PlumX Metrics