Layanan Informasi untuk Meningkatkan Kesadaran Diri Siswa SMK Negeri 3 Baubau dalam Mencegah Perilaku Bullying
DOI:
https://doi.org/10.58545/djpm.v3i2.323Abstract
Kasus kekerasan di sekolah akhir-akhir ini meningkat, salah satunya perundungan yang dapat menyebabkan siswa menjadi apatis bersekolah karena merasa terancam dan takut. Hal ini dapat menyebabkan depresi tahap ringan dan mengganggu pembelajaran di kelas. Kegiatan pengabdian ini berupa layanan informasi untuk meningkatkan kesadaran diri siswa SMK Negeri 3 Baubau dalam mencegah perilaku bullying. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kesadaran diri siswa dalam perilaku bullying adalah memberikan pemahaman yang mendalam kepada siswa tentang bullying, membantu siswa memahami perasaan dan penderitaan yang dialami oleh korban, mendorong siswa untuk menghormati orang lain, membantu siswa dalam menghadapi bullying, serta meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan siswa dalam mengurangi perilaku bullying di sekolah. Metode pengabdian menggunakan tahap persiapan dan tahap pelaksanaan melalui layanan informasi. Sasarannya di kelas X Jurusan Tata Boga. Objek pengabdian ini di SMK Negeri 3 Baubau. Dalam pengabdian ini dilakukan kepada siswa agar diharapkan siswa dapat lebih sadar akan dampak dari perilaku bullying yang dapat menyebabkan stress, kecemasan dan depresi bagi korban.
Keywords:
Bullying, Kesadaran diri, Layanan informasiDownloads
References
Alisyahbana, I., Sartinah, E., & Nursalim, M. (2021, March 30). Meningkatkan Kesadaran Anti-Bullying melalui Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama pada Siswa SMA Negeri 1 Gedeg Kelas XI IPS. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 8(1), 88-108. https://doi.org/https://doi.org/10.69896/modeling.v8i1.771
Amanda, L. ., Lisdayanti, S. ., & Hakim, M. . (2024). Sosialisasi 3 Dosa Besar Pendidikan Untuk Menanamkan Nilai Karakter Peserta Didik Di SMPN 02 Seluma. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1770–1773. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25555
Ashari, H. F., Utami, S., & Widodo, W. (2021). Kontribusi layanan informasi dalam mencegah perilaku bullying pada siswa. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(1), 87–94. https://doi.org/10.30998/ocim.v1i1.4577 DOI: https://doi.org/10.30998/ocim.v1i1.4577
Bu’ulolo, S., Zagoto, S. F. L., & Laia, B. (2022). Peran guru bimbingan dan konseling dalam mencegah bullying di SMA Negeri 1 Amandraya tahun pelajaran 2020/2021. Counseling For All: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 53–62. https://doi.org/10.57094/jubikon.v2i1.376 DOI: https://doi.org/10.57094/jubikon.v2i1.376
Dewi, N. K. (2016). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Berbasis Nilai Karakter Lokal Jawa Untuk Meningkatkan Kesadaran Diri (Self Awareness) Siswa. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1). http://doi.org/10.25273/counsellia.v3i1.231 DOI: https://doi.org/10.25273/counsellia.v3i1.231
Esmiati, A. N., Prihartanti, N., & Partini, P. (2020). Efektivitas pelatihan kesadaran diri untuk meningkatkan kedisiplinan siswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 8(1), 85–95. https://doi.org/10.22219/jipt.v8i1.11052 DOI: https://doi.org/10.22219/jipt.v8i1.11052
Gunawan, I. M., & Wulandari, J. (2017). Pengaruh teknik biblioterapi terhadap kesadaran diri siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 3(1). https://doi.org/10.33394/jk.v3i1.475
Larosa, B., & Lase, F. (2023). Meningkatkan Kesadaran Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Di Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Botomuzoi. Enoni, 1(1), 51–67. https://doi.org/10.56207/enoni.v1i1.211
Mirnayenti, M., Syahniar, S., & Alizamar, A. (2015). Efektivitas layanan informasi menggunakan media animasi meningkatkan sikap anti bullying peserta didik. Konselor, 4(2), 84–91. https://doi.org/10.24036/02015426460-0-00 DOI: https://doi.org/10.24036/02015426460-0-00
Mudana, I. N. O., Dharsana, I. K., & Suranata, K. (2014). Penerapan Konseling Gestalt dengan Teknik Reframing untuk Meningkatkan Kesadaran Diri dalam Belajar Siswa Kelas VIII A1 SMP Negeri 4 Singaraja Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jibk.v2i1.3922
Putri, A. D., & Naqiyah, N. (2018). Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Strategi Buzz Group Untuk Meningkatkan Kesadaran Diri Siswa Kelas XI Teknik Mesin Di SMK Daruttaqwa Gresik. 8 (2) https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/24470
Rahayu, R. (2022). Pkm sosialisasi bentuk perilaku bullying. SINAR SANG SURYA: Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 239–245. http://dx.doi.org/10.24127/sss.v6i1.1905 DOI: https://doi.org/10.24127/sss.v6i1.1905
Saputra, E. C. (2022). Efektifitas Layanan Informasi Dalam Pencegahan Bullying di SMK Negeri 1 Panjatan Kabupaten Kulon Progo DI Yogyakarta. Continuous Education: Journal of Science and Research, 3(2), 62–72. https://pusdikra-publishing.com/index.php/josr/article/view/871 DOI: https://doi.org/10.51178/ce.v3i2.871
Yunika, R., & Alizamar, A. (2013). Upaya guru bimbingan dan konseling dalam mencegah perilaku bullying di sma negeri se kota padang. Konselor, 2(3). https://doi.org/10.24036/02013232163-0-00 DOI: https://doi.org/10.24036/02013232163-0-00
Zendrato, T. L. N., & Lase, B. P. (2022). Peran Guru PPKn Dalam Menumbuhkan Kesadaran Diri Siswa Terhadap Tata Tertib Sekolah. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 124–138. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.20 DOI: https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.20
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Aldo & Rasman Sastra Wijaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.