Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Dengan Metode Ceramah dan Simulasi Bantuan Hidup Dasar Pada Siswa SMA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.58545/djpm.v2i3.114

Abstract

Bantuan Hidup Dasar (BHD) merupakan suatu bentuk keterampilan yang mempertahankan jalan napas dan sirkulasi tanpa adanya alat dan dilakukan kapan pun. Keterampilan ini dapat dilakukan oleh siapapun, termasuk siswa SMA. Secara umum, banyak orang awam yang belum mengetahui keterampilan ini. Oleh karena itu, tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatan pengetahuan dan keterampilan siswa tentang BHD sehingga mereka dapat berperan dalam menghadapi keadaan darurat serta membantu menyelamatkan nyawa. Metode yang digunakan yaitu ceramah dan simulasi.  Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Responden diminta untuk mengisi kuesioner sebelum dilakukan intervensi (Pre-test) dan setelah intervensi (Post-test). Kemudian, data dianalisa menggunakan uji Wilcoxon (p˂α = 0,05). Sebelum dilakukan pendidikan kesehatan sebagian besar responden mempunyai pengetahuan dalam kategori sedang dengan presentase 75%, sedangkan pada keterampilan siswa dalam kategori terampil memiliki presentase 5%. Namun, setelah diberikan pendidikan kesehatan pengetahuan siswa meningkat dengan presentase 90%, sedangkan pada keterampilan siswa juga terjadi peningkatan dengan presentase 62,5%. Hasil analisa uji statistik menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan (0,000<0,05) sebelum dan setelah dilakukannya pendidikan kesehatan. Metode ceramah dan simulasi dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa SMAN 4 Jember dalam melakukan Bantuan Hidup Dasar (BHD). Upaya pendidikan kesehatan ini dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menyelamatkan nyawa dalam kegawatdaruratan.

Keywords:

Bantuan Hidup Dasar, BHD, Kegawatdaruratan, Pengetahuan, Keterampilan, Siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rondhianto, Fakultas Keperawatan Universitas Jember, Indonesia

Departemen Keperawatan Medikal Bedah dan Kritis, Fakultas Keperawatan, Universitas Jember

Baskoro Setioputro, Fakultas Keperawatan, Universitas Jember, Indonesia

Departemen Keperawatan Medikal Bedah dan Kritis, Fakultas Keperawatan, Universitas Jember

Rismawan Adi Yunanto, Fakultas Keperawatan, Universitas Jember, Indonesia

Departemen Keperawatan Medikal Bedah dan Kritis, Fakultas Keperawatan, Universitas Jember

References

Aisyah, S., Sulastien, H., Pujiningsih, E., Zulfa Fakultas Ilmu Kesehatan, E., Nahdlatul Wathan Mataram, U., Kaktus No, J., Mataram, K., Mataram, K., & Tenggara Barat, N. (2022). Pengenalan Bantuan Hidup Dasar (BHD) dengan Resusitasi Jantung Paru (RJP) Pada Masyarakat Awam. http://jurnal.globalhealthsciencegroup.com/index.php/JPM

Alfaridzi, A. G., & Suparti, S. (2023). Pengaruh Pemberian Edukasi Bantuan Hidup Dasar dengan Media E-Booklet terhadap Tingkat Pengetahuan Siswa PMR SMA Negeri 1 Purwareja Klampok. 7(1).

Erlinda. (2019). Penerapan Metode Simulasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematika Siswa Kelas IVSD Negeri 003 Rambah. 2, 515–522.

Hasbullah. (2021). Kurikulum Pendidikan Guru : Metode Simulasi dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi. ADAARA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 155–162. DOI: https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i1.183

Irene, G., & Watung, V. (2019). Edukasi Pengetahun dan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar Pada Siswa Remaja SMA Negeri 3 Kotamobagu. In Community Engagement & Emergence Journal (Vol. 2). https://journal.yrpipku.com/index.php/ceej

Juwita, H., & Prihatini, S. (2022). Pengaruh Edukasi Bantuan Hidup Dasar Terhadap Peningkatan Pengetahuan Bantuan Hidup Dasar pada Siswa SMKN 2 Makassar. Jurnal Ilmiah Amanah Akademika (JIHAD), D.

Kalilati, N., Firdaus, S., & Rukmana, H. (2020). Efektifitas Skill Bantuan Hidup Dasar (BHD) dengan Metode Simulasi dengan Kemampuan Siswa Di SMAN 1 Tabunganen. 11(2). https://doi.org/10.33859/dksm.v11i2.621

Maisyaroh Arista, Kurniantoro Syarifuddin, & Widianto Eko Prasetya. (2022). Efektivitas Pelatihan Bantuan Hidup Dasar terhadap Peningkatan Kemampuan Siswa MTS Negeri 1 Lumajang dalam Penanganan Kegawatdaruratan Tersedak Akibat Obstruksi Benda Asing. Media Karya Kesehatan, 5(2), 151–161. DOI: https://doi.org/10.24198/mkk.v5i2.35521

Prayitno, H., Puspitasari, P., & Riandi Setiaawan, D. (2020). Pengaruh Pendidikan Bantuan Hidup Dasar terhadap Pengetahuan Anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Tim Kesehatan Sarjana Keperawatan Stikes Dharma Husada Bandun. Jurnal Untuk Masayarakta Sehat, 4(2), 159–171. DOI: https://doi.org/10.52643/jukmas.v4i2.1018

Purnomo, E., Nur, A., A. Pulungan, Z. S., & Nasir, A. (2021). Pengetahuan dan Keterampilan Bantuan Hidup Dasar serta Penanganan Tersedak pada Siswa SMA. Jurnal Berita Ilmu Keperawatan, 14(1), 42–48. https://doi.org/10.23917/bik.v14i1.13008 DOI: https://doi.org/10.23917/bik.v14i1.13008

Rahmatini, S. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram terhadap Pengetahuan Remaja tentang HIV dan AIDS di SMAN 10 Kota Bengkulu. 1.

Septian, T. A. (2022). Pengaruh Promosi Kesehatan Melalui Metode Ceramah dengan Media Video Animasi Terhadap Pengetahuan Bahaya Gadget Bagi Kesehatan Mata pada Siswa SMPN 05 Kota Bengkulu.

Syahrir, M. (2018). Penerapan Metode Simulasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKN pada Murid Kelas IV SD Negeri Mangasa Kecamatan Somba Opu Kabupaten Gowa. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 3(1), 53–62. https://doi.org/10.26618/jed.v3i1.1211 DOI: https://doi.org/10.26618/jed.v3i1.1211

Syafei, A. (2021). Pendidikan Kesehatan Tentang Bantuan Hidup. Jurnal Kesehatan Dan Pembangunan, 11(21), 6–13. DOI: https://doi.org/10.52047/jkp.v11i21.92

Watung, G. I. V. (2020). Edukasi Pengetahun dan Pelatihan Bantuan Hidup Dasar Pada Siswa Remaja SMA Negeri 3 Kotamobagu. Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ), 2(1), 21–27. https://doi.org/10.37385/ceej.v2i1.129 DOI: https://doi.org/10.37385/ceej.v2i1.129

Downloads

Published

31-10-2023

How to Cite

Rondhianto, Setioputro, B., & Yunanto, R. A. (2023). Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Dengan Metode Ceramah dan Simulasi Bantuan Hidup Dasar Pada Siswa SMA . DEDIKASI SAINTEK Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 231–241. https://doi.org/10.58545/djpm.v2i3.114

PlumX Metrics

Most read articles by the same author(s)