Peningkatan Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Pada Pelajar SMPN 1 Jenggawah Melalui Team Building Games

Authors

  • Baskoro Setioputro Departemen Keperawatan Kritis dan Medikal Bedah, Fakultas Keperawatan, Universitas Jember https://orcid.org/0000-0002-8820-2955
  • Rondhianto Departemen Keperawatan Kritis dan Medikal Bedah, Fakultas Keperawatan, Universitas Jember https://orcid.org/0000-0002-8487-069X
  • Siswoyo Departemen Keperawatan Kritis dan Medikal Bedah, Fakultas Keperawatan, Universitas Jember https://orcid.org/0000-0001-7105-6050
  • Agil Agustin Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Keperawatan, Universitas Jember
  • Getha Maharani Rubiansyah Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Keperawatan, Universitas Jember
  • Firman Ramadhan Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Keperawatan, Universitas Jember
  • Jesicha Melni Pasanti Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Keperawatan, Universitas Jember
  • Siti Murdiyati Mukarromah Mahasiswa Program Studi Sarjana Keperawatan, Fakultas Keperawatan, Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.58545/djpm.v2i1.99

Abstract

Gempa bumi adalah bencana alam yang sering terjadi di Indonesia. Kota Jember merupakan salah satu kota yang terletak di sumber gempa potensial, yaitu terdapat lempeng Indo-Australia dan lempeng Eurasia di daerah selatan Jawa Timur. Sekolah merupakan bangunan yang menampung banyak individu sehingga dapat menyebabkan korban jiwa dan material akibat gempa bumi. Siswa SMPN 1 Jenggawah, Kabupaten Jember, belum pernah mendapatkan penyuluhan tentang kesiapsiagaan gempa bumi., sehingga siswa tidak siap jika menghadapi bencana gempa bumi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan intensi dan sikap siswa menghadapi bencana gempa bumi. Metode pendidikan kesehatan yang digunakan adalah team building games. Setelah mendapatkan materi melalui ceramah, siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil dan berjalan melalui pos-pos untuk mengaplikasikan materi yang diperoleh. Evaluasi dilakukan dengan one group pre-post test design. Pendidikan Kesehatan diikuti oleh 68 siswa. Hasil pre-test menunjukkan 13,3% siswa memiliki intensi lemah dan 17,6% memiliki sikap negative. Setelah mendapatkan Pendidikan Kesehatan dengan team building games seluruh siswa memiliki intensi positif. Sedangkan sikap negative berkurang menjadi 14,7%. Pendidikan Kesehatan dengan metode team building games bisa meningkatkan intensi seluruh siswa dalam menghadapi gempa bumi, dan menurunkan jumlah siswa yang memiliki sikap negative. Team building games dapat digunakan sebagai metode untuk meningkatkan intensi dan sikap dalam menghadapi gempa bumi bagi siswa SMP.

Keywords:

bencana, gempa bumi, permainan tim

Downloads

Download data is not yet available.

References

BPBD. 2020. Gempa Bumi. https://bpbd.ntbprov.go.id/pages/gempa-bumi. [Diakses pada 6 November 2022].

Dinas Kominfo. 2021. Gempa Berkekuatan 5,1 SR Guncang Jember, Dinsos Kabupaten Jember Kerahkan Tagana. https://kominfo.jatimprov.go.id/read/umum/gempa-berkekuatan-5-1-sr-guncang-jember-dinsos-kabupaten-jember-kerahkan-tagana. [Diakses pada 6 November 2022].

Doostgharin, T. 2009. Children affected by earthquakes and their immediate emotional needs. International Social Work, 52(1).

Dwijyanti, R., D. Fitriani, Merselena, B. Pamungkas, I. N. Yusfiansyah, dan P. I. Wardhani. 2020. Self efficacy dalam kesiapsiagaan bencana gempa bumi di Smpn 1 Jenggawah, Kecamatan Jenggawah, Boarding School dan SMPN 1 Jenggawah, Kecamatan Jenggawah, M 21 Gantiwarno. JPIG (Jurnal Pendidikan dan Ilmu Geografi). 5(1):46-55.

Fajar, W. 2018. Pengaruh Pemberian Media Vidio Terhadap Kesiapsiagaan Siswa Dalam Menghadapu Bencana Gempa Bumi Di SMA Negri 1 Gantiwarno, Klaten. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia. 3 (2): 1-3.

Ginting, H., A. Mahiranissa, R. Bekti, dan H. Febriansyah. 2020. The Effect Of Outing Team Building Training On Soft Skills Among MBA Students. International Journal of Management Education. 18(3):100423.

Jayanti, M. I., Nurfathurrahmah, Ariyansyah, et al., 2022. Penguatan literasi sains melalui permainan edukatif pada siswa kelas VI SDN 37 Kendo Kota Bima. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1).

Metrikayanto, W. D., dan Valabia, V. G. 2021. An Educational Video For Earthquake Disaster Preparedness In Students At St. Aloysius Weetabula Christian Middle School, Southwest Sumba. Journal of Health Sciences, 14(02), 166–172. https://doi.org/10.33086/jhs.v14i02.1690

M. J. Keith, G. Anderson, J. E. Gaskin, dan D. L. Dean. 2018. Team gaming for team-building: effects on team performance. AIS Transactions on Human-Computer Interaction. 10(4):205–231.

Nursyabani., Roni. 2022. Mitigasi Bencana Dalam Peningkatan Kewaspadaan Terhadap Ancaman Gempa Bumi Di Universitas Andalas. Jurnal Ilmu Administrasi Negara. 8 (2): 81-90.

Potter & Perry. 2009. Fundamental Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Pramita, G., Saniati, S., Assuja, M. A., Kharisma, M. P., Hasbi, F. A., Daiyah, C. F., dan Tambunan, S. P. 2022. Pelatihan Sekolah Tangguh Bencana Di Smk Negeri 1 Bandar Lampung. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(2).

Saparwati, M., Trimawati, dan Fiki Wijayanti. 2020. Peningkatan pengetahuan kesiapsiagaan bencana dengan video animasi pada anak usia sekolah. Pro Health Jurnal Ilmiah Kesehatan, 2(1), 23–28.

Setiawan, I. N., Krismawati, D., Pramana, S., dan Tanur, E. 2022. Klasterisasi Wilayah Rentan Bencana Alam Berupa Gerakan Tanah Dan Gempa Bumi Di Indonesia. In Seminar Nasional Official Statistics (Vol. 2022, No. 1, pp. 669-676).

Setyowati, D. L. 2019. Pendidikan Kebencanaan. Urgensi Pendidikan Mitigasi Bencana, 1–14.

Shalahuddin, I., Maulana, I., Pebrianti, S., dan Eriyani, T. 2022. Efektifitas pendidikan kebencanaan terkait kesiapsiagaan penduduk di daerah rawan gempa: Studi literatur. Holistik Jurnal Kesehatan, 16(2), 128–141.

Syukur, M. A. U. A., R. Syam., M. R. Sudiar., et al. 2022. Team building games sebagai upaya meningkatkan kompetensi teamwork pada karyawan kantor telkom witel Makassar. Jurnal Kebajikan, 1(1): 63-68.

Zulhammi. 2015. Teori Belajar Behavioristik dan Humanistik dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Darul Ilmi, 3(1).

Downloads

Published

20-04-2023

How to Cite

Setioputro, B., Rondhianto, Siswoyo, Agustin, A., Rubiansyah, G. M., Ramadhan, F., Pasanti, J. M., & Mukarromah, S. M. (2023). Peningkatan Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Pada Pelajar SMPN 1 Jenggawah Melalui Team Building Games . DEDIKASI SAINTEK Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 45–54. https://doi.org/10.58545/djpm.v2i1.99

Issue

Section

Articles

PlumX Metrics