Implementasi Teknologi Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Tingkat Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.58545/djpm.v2i3.218Abstract
Sebagian besar sektor bidang telah dipengaruhi oleh teknologi digital, termasuk juga bidang pendidikan. Melalui teknologi digital diharapkan bisa membantu proses pembelajaran, seperti memberi ragam media pembelajaran, meminimalisir keterbatasan ruang dan waktu, serta meningkatkan kemampuan digital. Mitra kegiatan pengabdian ini adalah siswa tingkat sekolah dasar di SDN 27 Lubuk Alung, dimana pada observasi awal ditemukan bahwa penggunaan teknologi digital masih sangat kurang di lokasi tersebut. Teknologi digital dapat menjadi salah satu solusi di bidang pendidikan yang memiliki keterbatasan ruang pembelajaran namun memiliki fasilitas untuk penerapan teknologi digital dalam pembelajaran. Diharapkan dengan adanya kegiatan PKM tersebut dapat meningkatkan pengetahuan siswa tentang teknologi digital, serta dapat membangkitkan motivasi anak dalam belajar, menghasilkan sikap positif, serta komitmen yang kuat terhadap pembelajaran dan sikap yang baik terhadap guru. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metode analisis, pendidikan, dan edukasi yang akan dilaksanakan oleh tim pelaksana pengabdian. Pengabdian ini nantinya akan menggunakan presentasi serta simulasi pengenalan dan penerapan teknologi digital dalam pembelajaran. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah meningkatnya kemampuan dan pengetahuan siswa mengenai teknologi digital dan penerapannya dalam pendidikan, untuk kemudian dilanjutkan dengan pemanfaatan teknologi digital dalam kegiatan belajar.
Keywords:
Pembelajaran, Sekolah Dasar, Teknologi digitalDownloads
References
Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2022). Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2). http://dx.doi.org/10.21831/jitp.v8i2.43560
Aristika, A., Darhim, Juandi, D., & Kusnandi. (2021). The effectiveness of hybrid learning in improving of teacher-student relationship in terms of learning motivation. Emerging Science Journal, 5(4). https://doi.org/10.28991/esj-2021-01288
Bülow, M. W. (2022). Designing Synchronous Hybrid Learning Spaces: Challenges and Opportunities. https://doi.org/10.1007/978-3-030-88520-5_9
Cayeni, W., & Utari, A. S. (2019). Penggunaan Teknologi Dalam Pendidikan: Tantangan Guru Pada Era Revolusi Industri 4 . 0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/3096
Fransisca, M., & Yunus, Y. (2019). Efektivitas E-Learning Tingkat Sekolah Menengah Atas Kota Padang. Indonesian Journal of Computer Science, 8(2). https://doi.org/10.33022/ijcs.v8i2.174
Hwang, A. (2018). Online and Hybrid Learning. Journal of Management Education, 42(4). https://doi.org/10.1177/1052562918777550
Indriani, W. D., & Pasaribu, L. H. (2022). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Hybrid Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1196
Iskandar, S., Rosmana, P. S., Fadillah, A. R., Ayuni, F., Nur’Ani, F. D., Apriliya, M., & Realistiya, R. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Guru Kita PGSD, 7(3). https://doi.org/10.24114/jgk.v7i3.41630
Monica Fransisca, Renny Permata Saputri, & Yuliawati Yunus. (2022). Library Research: An Online Learning at High School as Learning Media. Indonesian Journal of Computer Science, 11(3). https://doi.org/10.33022/ijcs.v11i3.3110
Putri, N. I., Herdiana, Y., Munawar, Z., & Komalasari, R. (2021). Teknologi Pendidikan dan Transformasi Digital di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal ICT : Information Communication & Technology, 20(1). https://ejournal.ikmi.ac.id/index.php/jict-ikmi/article/view/59
Rahmi, M. N., & Samsudi, M. A. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sesuai dengan karakteristik Gaya Belajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(2). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i2.439
Saputri, R. P., & Fransisca, M. (2020). Analisis Kebutuhan Siswa Terhadap Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Simulasi Digital. Proceding Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif (SENTRINOV) Ke-6, 6(1). https://proceeding.isas.or.id/index.php/sentrinov/article/view/555
Sari, N. H. (2022). Pemanfaatan Teknologi Digital Dalam Pembelajaran Matematika Pada Masa Transisi Pasca Pandemi Covid-19. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 3. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/article/view/1130
Setiawan, A. D., Nursetiawan, R. M., Tara, F., Efendi, M., Lingga, P. J., Prasetyo, T., Maxwell, J., Ahmadsyah, S., Chandra, & Jufri, M. (2023). Berkembangnya Media Pembelajaran dengan Sistem Teknologi Informasi. Jurnal Siteba, I(2). https://journal.iteba.ac.id/index.php/jurnalsiteba/article/view/62
Yunus, Y., & Fransisca, M. (2021). Four-D Models Method Validation Analysis of an Android-Based Learning Media. Journal of Physics: Conference Series, 1779(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1779/1/012018
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Monica Fransisca
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.