
Peningkatan Motivasi Belajar Siswa, Interaksi Antara Guru dan Siswa Melalui Implementasi Proyek IPAS di SMK Negeri 3 Baubau
DOI:
https://doi.org/10.58545/djpm.v4i1.282Abstract
Transformasi pendidikan dapat diraih melalui penguatan pembelajaran berbasis proyek, seperti Proyek IPAS, yang merupakan bagian integral dari kurikulum baru. Pengabdian ini mengaplikasikan proyek IPAS di SMK Negeri 3 Baubau, yang bertujuan mengasah kerjasama tim, kreativitas, dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Pengabdian ini dilakukan selama 1 bulan dengan memberikan pengalaman belajar melibatkan mahasiswa PLP 2, guru pembimbing, dan siswa. Observasi langsung terhadap proses pembelajaran proyek IPAS dilakukan. Hasil pengabdian memberikan kontribusi signifikan dalam mendukung kegiatan pembelajaran proyek IPAS, membantu pengelolaan kelas, memberikan bantuan individu kepada siswa, dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Kegiatan ini juga memperkuat interaksi antara guru dan siswa, serta meningkatkan efektivitas implementasi proyek IPAS di SMK.
Keywords:
Pengalaman, Mengajar, Mahasiswa, Proyek IPASDownloads
References
Abu, A., & Hamdani, F. (2022) Teori Budaya Sosial Dan Politik. CV Kail Mahkota Abadi, Makassar.
Adiansyah, A., & Widiatmaka, P. (2022). Problematika Guru dalam Memberikan Bimbingan Konseling Siswa untuk Menumbuhkan Karakter Sosial Melalui Pembelajaran PPKn di Era Society 5.0. JPK (Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan), 7(1), 1-8. doi:https://doi.org/10.24269/jpk.v7.n1.2022.pp01-08
Afwan, B., Suryani, N., & Ardianto, D. T. (2020). Analisis Kebutuhan Pembelajaran Sejarah di Era Digital. Proceedings Conference of Elementary Studies. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/4813
Almarisi, A. (2023). Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Sejarah dalam Perspektif Historis. MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 7(1), 111–117. https://doi.org/10.30743/mkd.v7i1.6291
Hanaris, F. (2023). Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa: Strategi Dan Pendekatan Yang Efektif. Jurnal Kajian Pendidikan dan Psikologi, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.61397/jkpp.v1i1.9
Khoerunnisa, R. A., Fathurrohman, N., & Arifin, Z. (2021). Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Permata : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 133. https://doi.org/10.47453/permata.v2i2.416
Maun, R. T., Togas, P. V., & Pratasik, S. (2022). Aplikasi Multimedia Pembelajaran Proyek IPAS di SMK Kristen 3 Tomohon. Edutik : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2(3), 438–448. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i3.5347
Mustaghfiroh, S. (2020). Konsep “Merdeka Belajar” Perspektif Aliran Progresivisme John Dewey. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 3(1), 141–147. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.248
Nurfatimah, S. A., Hasna, S., & Rostika, D. (2022). Membangun Kualitas Pendidikan di Indonesia dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 6145–6154. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3183
Pramesti, D. A. H., Kharisma, A. I., & Irmaningrum, R. N. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran IPAS Berbasis Proyek: . Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 6(2), 98–106. https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v6i2.2518
Putri Vidayanti, M., Eliyani, O., Rahmadani, D., Riyani, Putri, R. D., & Nugroho, P. B. (2022). Pendampingan Implementasi Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar Dengan Pertumbuhan Kangkung Darat Menggunakan Pupuk Organik Berbahan Dasar Kotoran Kambing. Griya Cendikia, 7(1), 14–20. https://doi.org/10.47637/griya-cendikia.v7i1.238
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., & Karlina, Y. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. AL-URWATUL WUTSQA: Kajian Pendidikan Islam. 4(2),1-8 https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/7757
Saputra, H. (2022). “Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning).” https://doi.org/10.17605/OSF.IO/GD8EA
Savira, L. (2024). Peran Guru Pada Transformasi Pendidikan Dalam Menyongsong Generasi Emas 2045. Al-Madaris Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, 4(2), 28–36. https://doi.org/10.47887/amd.v4i2.132
Sukarna, R. M. (2022). Human and Environment Interactive in the Perspective of Antroposentrism, Antropogeography and Ecocentrism. HUTAN TROPIKA, 16(1), 84–100. https://doi.org/10.36873/jht.v16i1.2969
Suwarni, S. (2022). Peran Budaya Sekolah dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Kondusif. ITQAN: Jurnal Ilmu-ilmu Kependidikan, 13(2), 241–254. https://doi.org/10.47766/itqan.v13i2.197
Tamim Mulloh, & Muslim, Abd. (2022). Analisis Peran Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru. Journal Publicuho, 5(3), 763–775. https://doi.org/10.35817/publicuho.v5i3.29
Zumrotun, E., Widyastuti, E., Sutama, S., Sutopo, A., & Murtiyasa, B. (2024). Peran Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 1003–1009. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.907
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Erin Amalia Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.