Pelatihan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Untuk Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya Wonogiri

Authors

  • Nibras Faiq Muhammad Universitas Duta Bangsa Surakarta, Indonesia
  • Ridwan Dwi Irawan Universitas Duta Bangsa Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58545/djpm.v4i2.560

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa STABN Raden Wijaya Wonogiri, khususnya calon guru, dalam mengembangkan media pembelajaran kekinian yang interaktif dan berbasis teknologi. Di era digital, guru dituntut tidak hanya menguasai materi, tetapi juga mampu menyampaikan pembelajaran secara menarik dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Dalam kegiatan ini, peserta dilatih menggunakan perangkat lunak Macromedia Flash 8, yang memungkinkan pembuatan media interaktif berbasis animasi dan multimedia. Metode pelatihan meliputi pemaparan teori, demonstrasi penggunaan Flash 8, dan praktik langsung membuat media pembelajaran. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami peningkatan pemahaman dan keterampilan dalam merancang media pembelajaran interaktif. Pelatihan ini diharapkan menjadi bekal yang bermanfaat bagi mahasiswa dalam mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif di masa depan.

Keywords:

Pelatihan, Media Pembelajaran, Macromedia Flash 8, , Interaktif, Calon Guru

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akhiruddin, H. R., Ahmadi, A., & Raharjo, R. P. (2024). Pemanfaatan cerita interaktif digital sebagai media pembelajaran bahasa yang inovatif. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 12(2), 1–10. https://doi.org/10.35706/judika.v12i2.11574

Asmarita, A., Rahmi, R., & Anggraini, V. (2024). Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan Macromedia Flash materi aritmatika sosial kelas VII. Emteka Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 45–52. https://doi.org/10.24127/emteka.v5i1.5487

Azizah, S., Widjanarko, M., Darmanto, E., & Pratama, H. (2022). Interactive learning media 2D educational game to improve learning effectiveness in kindergarten students. International Conference on Creative Media, Journalism, and Social Sciences Proceedings, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.53797/icccmjssh.v1i1.4.2022

Dhaniawaty, R. P., Suci, A., & Hardiyana, B. (2021). Aplikasi pembelajaran multimedia interaktif mata pelajaran IPA mengenai sistem pencernaan manusia untuk siswa SMP kelas VII. Jurnal Teknologi dan Informasi, 11(2), 134–142. https://doi.org/10.34010/jati.v11i2.5574

Ghory, S., & Ghafory, H. (2021). The impact of modern technology in the teaching and learning process. International Journal of Innovative Research and Scientific Studies, 4(3), 354–360. https://doi.org/10.53894/ijirss.v4i3.73

Hsu, Y.-Y., & Lin, C.-H. (2020). Evaluating the effectiveness of a preservice teacher technology training module incorporating SQD strategies. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 17(1), Article 31. https://doi.org/10.1186/s41239-020-00205-2

Lv, B., Zhou, D., Rong, Z., Tian, X., & Wang, J. (2024). Effects of professional development program on primary science teachers’ ICT use in China: Mediation effects of science teachers’ knowledge, beliefs and instructional practice. Disciplinary and Interdisciplinary Science Education Research, 6(1), Article 11. https://doi.org/10.1186/s43031-024-00099-4

Poplavskyi, M. (2021). Teacher as a media figure in modern higher education. Linguistics and Culture Review, 5(S4), 1772–1785. https://doi.org/10.21744/lingcure.v5ns4.1772

Poplavskyi, M. (2022). Teacher as a media figure in modern higher education: A competence-based approach. Journal of Higher Education Theory and Practice, 22(6), 1–12. https://doi.org/10.33423/jhetp.v22i6.5240

Putri, S., Abdurahman, A., Andrian, D., Angraini, L., & Effendi, L. (2022). Development of interactive multimedia based mathematics learning media Macromedia Flash 8. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 5(2), 206–213. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v5i2.133

Rihani, A. L., Maksum, A., & Nurhasanah, N. (2022). Studi literatur: Media interaktif terhadap hasil belajar peserta didik kelas V sekolah dasar. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 7(2), 145–152. https://doi.org/10.26618/jkpd.v7i2.7702

Ulya, H., Laily, N. H., & Hakim, M. L. (2020). Pengembangan media pembelajaran PAI dengan menggunakan video explanasi, pop up dan kahoot. Edudeena: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 1–14. https://doi.org/10.30762/ed.v4i1.1868

Usmeldi, U., Amini, R., & Darni, R. (2023). Pelatihan pembuatan e-modul interaktif berbasis teknologi informasi untuk meningkatkan literasi digital guru SD dan SMP di Kapau Kabupaten Agam. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 8(3), 1337–1344. https://doi.org/10.30653/jppm.v8i3.345

Vandeyar, T., & Adegoke, O. O. (2024). Teachers’ ICT in pedagogy: A case for mentoring and mirrored practice. Education and Information Technologies, 29(14), 18985–19004. https://doi.org/10.1007/s10639-024-12603-4

Zhang, Z., Maeda, Y., Newby, T., Cheng, Z., & Xu, Q. (2023). The effect of preservice teachers’ ICT integration self-efficacy beliefs on their ICT competencies: The mediating role of online self-regulated learning strategies. Computers & Education, 193, Article 104673. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2022.104673

Downloads

Published

06-08-2025

How to Cite

Muhammad, N. F., & Irawan, R. D. (2025). Pelatihan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Untuk Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya Wonogiri . DEDIKASI SAINTEK Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 126–135. https://doi.org/10.58545/djpm.v4i2.560

PlumX Metrics