Peningkatan Kompetensi Guru HIMPAUDI dalam Pemanfaatan Media Digital Interaktif PAUD Berbasis Aplikasi di Kabupaten Kuburaya

Authors

DOI:

https://doi.org/10.58545/djpm.v4i2.530

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini (PAUD) menjadi krusial di era digital, menuntut guru untuk mampu mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Namun, kompetensi guru PAUD, khususnya dalam pemanfaatan media digital interaktif, masih menjadi tantangan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru PAUD anggota HIMPAUDI di Kuburaya melalui pelatihan intensif. Metode yang digunakan adalah pendidikan masyarakat berupa in house training yang berfokus pada pengenalan, operasional, dan perancangan pembelajaran menggunakan aplikasi edukasi interaktif dan storytelling digital. Sasaran kegiatan adalah 40 guru PAUD anggota HIMPAUDI Kabupaten Kuburaya yang dipilih secara purposif. Data dikumpulkan melalui pre-test, post-test, dan kuesioner kepuasan, kemudian dianalisis secara kuantitatif (statistik deskriptif dan uji-t berpasangan) serta kualitatif. Hasil menunjukkan peningkatan pengetahuan guru yang signifikan (rata-rata skor pre-test 70,13 menjadi post-test 94,87) dengan nilai p < 0.05, serta tingkat kepuasan peserta yang sangat tinggi (rata-rata 4.6 dari 5). Pembahasan menegaskan efektivitas pelatihan berbasis praktik langsung dalam peningkatan kompetensi. Kesimpulannya, kegiatan ini berhasil meningkatkan kapasitas guru PAUD, mendorong inovasi pembelajaran, dan merekomendasikan keberlanjutan program serupa serta pembentukan komunitas praktisi untuk pendampingan.

Keywords:

Media Digital Interaktif, Pembelajaran PAUD, Guru HIMPAUDI, Pelatihan, Peningkatan Kompetensi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adnan, M. M., Hadriana, H., Putra, R. A., Futra, D., & Primahardi, I. (2023). Implementasi pembelajaran aktif berbasis online bagi guru-guru sekolah dasar gugus kaktus bangkinang-kabupaten kampar. Journal of Community Engagement Research for Sustainability, 1(3), 136–147. https://doi.org/10.55243/jcers.v1i3.55

Akbara, A. Z. (2022). Aktualisasi industri 4.0 dalam rangka peningkatan literasi digital guru PAUD. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1229–1233. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.8795

Farina, M. (2024). Efektivitas penggunaan media digital dalam pembelajaran anak usia dini di PAUD Idola Desa Amawang Kiri. AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(1), 44–58. http://ejournal.staima.ac.id/index.php/alghazali/article/view/1875

Hadi, S., Kiska, N. D., & Maryani, S. (2021). Analisis problematika pembelajaran tematik terhadap karakter rasa ingin tahu peserta didik di sekolah dasar. Integrated Science Education Journal, 2(3), 76–79. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/ISEJ/article/view/15627

Muzanni, A., & Kartiani, B. S. (2024). Peningkatan literasi digital: Studi kasus dan best practice. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(1), 2308–2316. https://ejournal.undaris.ac.id/index.php/realita/article/view/6987

Nurhayati, Y., Suwarto, G. P., & Ismaya, R. (2023). Pengenalan dan pendampingan media pembelajaran digital untuk anak PAUD Hidayatul Ikhwan. Journal of Innovation and Sustainable Empowerment, 2(2), 41–45. https://doi.org/10.55705/jise.v2i2.167

Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran berbasis media digital pada anak usia dini di era revolusi industri 4.0: Studi literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77. https://doi.org/10.31943/jip.v6i1.112

Okyranida, I. Y., & Astuti, I. A. D. (2020). Peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan media pembelajaran interaktif berbasis videoscribe bagi guru MGMP fisika kabupaten Lebak. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(4), 1035–1042. https://doi.org/10.21009/JPmasyarakat.054.10

Prameswari, H. L. K., & Setiawan, S. (2024). Peningkatan kualitas pelatihan karawitan pada komunitas teras budaya melalui pendekatan manajemen partisipatif. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(1), 54–68. https://doi.org/10.35329/komitmen.v5i1.1463

Prastuti, M., Wulandari, S. P., Aridinanti, L., Retnaningsih, S. M., Wibowo, W., Ratih, I. D., & Wildani, Z. (2023). Pelatihan metode statistika untuk PTK bagi guru-guru SMP Negeri di lingkungan Kabupaten Gresik. Society: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 93–98. https://doi.org/10.55243/society.v3i2.192

Prihantini, P., Tyara, T., Dinila, D., Puspitasari, P., & Khairunnisa, K. (2021). Lokakarya pengembangan media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran daring di sekolah dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(4), 121–126. https://doi.org/10.51519/jpmi.v1i4.154

Primayana, K. H. (2020). Perencanaan pembelajaran pendidikan anak usia dini dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya, 1(3), 321–328. https://prosiding.unp.ac.id/index.php/dharmaacarya/article/view/1789

Romdona, S., Junista, S. S., & Gunawan, A. (2025). Teknik pengumpulan data: Observasi, wawancara dan kuesioner. JISOSEPOL: Jurnal Ilmu Sosial Ekonomi dan Politik, 3(1), 39–47. https://jisosopol.umsida.ac.id/index.php/jisosopol/article/view/2765

Takrim, M., Shalahuddin, S., & Santoso, A. T. (2022). Peran Himpaudi Bekasi Barat dalam meningkatkan kinerja SDM pada PAUD. Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan, 7(1), 25–40. https://doi.org/10.31004/jak.v7i1.208

Widaningsih, T., Widyawati, P. N., Shodiq, A., & Zayadi, A. (2019). Revolusi industri 4.0 dan pendidikan anak usia dini untuk generasi alfa: Sebuah telaah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 315–323. https://prosiding.unmuhpnk.ac.id/index.php/senpendik/article/view/165

Downloads

Published

08-08-2025

How to Cite

Annisa, R., Rahayuningsih, P. A., Anna, & Reza, M. K. (2025). Peningkatan Kompetensi Guru HIMPAUDI dalam Pemanfaatan Media Digital Interaktif PAUD Berbasis Aplikasi di Kabupaten Kuburaya. DEDIKASI SAINTEK Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 136–146. https://doi.org/10.58545/djpm.v4i2.530

PlumX Metrics