
Peningkatan Kompetensi Guru HIMPAUDI dalam Pemanfaatan Media Digital Interaktif PAUD Berbasis Aplikasi di Kabupaten Kuburaya
DOI:
https://doi.org/10.58545/djpm.v4i2.530Abstract
Peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini (PAUD) menjadi krusial di era digital, menuntut guru untuk mampu mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Namun, kompetensi guru PAUD, khususnya dalam pemanfaatan media digital interaktif, masih menjadi tantangan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru PAUD anggota HIMPAUDI di Kuburaya melalui pelatihan intensif. Metode yang digunakan adalah pendidikan masyarakat berupa in house training yang berfokus pada pengenalan, operasional, dan perancangan pembelajaran menggunakan aplikasi edukasi interaktif dan storytelling digital. Sasaran kegiatan adalah 40 guru PAUD anggota HIMPAUDI Kabupaten Kuburaya yang dipilih secara purposif. Data dikumpulkan melalui pre-test, post-test, dan kuesioner kepuasan, kemudian dianalisis secara kuantitatif (statistik deskriptif dan uji-t berpasangan) serta kualitatif. Hasil menunjukkan peningkatan pengetahuan guru yang signifikan (rata-rata skor pre-test 70,13 menjadi post-test 94,87) dengan nilai p < 0.05, serta tingkat kepuasan peserta yang sangat tinggi (rata-rata 4.6 dari 5). Pembahasan menegaskan efektivitas pelatihan berbasis praktik langsung dalam peningkatan kompetensi. Kesimpulannya, kegiatan ini berhasil meningkatkan kapasitas guru PAUD, mendorong inovasi pembelajaran, dan merekomendasikan keberlanjutan program serupa serta pembentukan komunitas praktisi untuk pendampingan.
Keywords:
Media Digital Interaktif, Pembelajaran PAUD, Guru HIMPAUDI, Pelatihan, Peningkatan KompetensiDownloads
References
Adnan, M. M., Hadriana, H., Putra, R. A., Futra, D., & Primahardi, I. (2023). Implementasi pembelajaran aktif berbasis online bagi guru-guru sekolah dasar gugus kaktus bangkinang-kabupaten kampar. Journal of Community Engagement Research for Sustainability, 1(3), 136–147. https://doi.org/10.55243/jcers.v1i3.55
Akbara, A. Z. (2022). Aktualisasi industri 4.0 dalam rangka peningkatan literasi digital guru PAUD. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(3), 1229–1233. https://doi.org/10.31764/jpmb.v6i3.8795
Farina, M. (2024). Efektivitas penggunaan media digital dalam pembelajaran anak usia dini di PAUD Idola Desa Amawang Kiri. AL GHAZALI: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 5(1), 44–58. http://ejournal.staima.ac.id/index.php/alghazali/article/view/1875
Hadi, S., Kiska, N. D., & Maryani, S. (2021). Analisis problematika pembelajaran tematik terhadap karakter rasa ingin tahu peserta didik di sekolah dasar. Integrated Science Education Journal, 2(3), 76–79. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/ISEJ/article/view/15627
Muzanni, A., & Kartiani, B. S. (2024). Peningkatan literasi digital: Studi kasus dan best practice. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 9(1), 2308–2316. https://ejournal.undaris.ac.id/index.php/realita/article/view/6987
Nurhayati, Y., Suwarto, G. P., & Ismaya, R. (2023). Pengenalan dan pendampingan media pembelajaran digital untuk anak PAUD Hidayatul Ikhwan. Journal of Innovation and Sustainable Empowerment, 2(2), 41–45. https://doi.org/10.55705/jise.v2i2.167
Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran berbasis media digital pada anak usia dini di era revolusi industri 4.0: Studi literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66–77. https://doi.org/10.31943/jip.v6i1.112
Okyranida, I. Y., & Astuti, I. A. D. (2020). Peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan media pembelajaran interaktif berbasis videoscribe bagi guru MGMP fisika kabupaten Lebak. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(4), 1035–1042. https://doi.org/10.21009/JPmasyarakat.054.10
Prameswari, H. L. K., & Setiawan, S. (2024). Peningkatan kualitas pelatihan karawitan pada komunitas teras budaya melalui pendekatan manajemen partisipatif. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(1), 54–68. https://doi.org/10.35329/komitmen.v5i1.1463
Prastuti, M., Wulandari, S. P., Aridinanti, L., Retnaningsih, S. M., Wibowo, W., Ratih, I. D., & Wildani, Z. (2023). Pelatihan metode statistika untuk PTK bagi guru-guru SMP Negeri di lingkungan Kabupaten Gresik. Society: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 93–98. https://doi.org/10.55243/society.v3i2.192
Prihantini, P., Tyara, T., Dinila, D., Puspitasari, P., & Khairunnisa, K. (2021). Lokakarya pengembangan media pembelajaran interaktif dalam pembelajaran daring di sekolah dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(4), 121–126. https://doi.org/10.51519/jpmi.v1i4.154
Primayana, K. H. (2020). Perencanaan pembelajaran pendidikan anak usia dini dalam menghadapi tantangan revolusi industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya, 1(3), 321–328. https://prosiding.unp.ac.id/index.php/dharmaacarya/article/view/1789
Romdona, S., Junista, S. S., & Gunawan, A. (2025). Teknik pengumpulan data: Observasi, wawancara dan kuesioner. JISOSEPOL: Jurnal Ilmu Sosial Ekonomi dan Politik, 3(1), 39–47. https://jisosopol.umsida.ac.id/index.php/jisosopol/article/view/2765
Takrim, M., Shalahuddin, S., & Santoso, A. T. (2022). Peran Himpaudi Bekasi Barat dalam meningkatkan kinerja SDM pada PAUD. Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan, 7(1), 25–40. https://doi.org/10.31004/jak.v7i1.208
Widaningsih, T., Widyawati, P. N., Shodiq, A., & Zayadi, A. (2019). Revolusi industri 4.0 dan pendidikan anak usia dini untuk generasi alfa: Sebuah telaah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 315–323. https://prosiding.unmuhpnk.ac.id/index.php/senpendik/article/view/165
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Panny Agustia Rahayuningsih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.