
Pendampingan Satgas Anti Perundungan di Sekolah SMAN Jogoroto Jombang
DOI:
https://doi.org/10.58545/djpm.v4i1.478Abstract
Perundungan merupakan masalah fenomenal yang terjadi di Indonesia, khususnya di kelompok usia remaja. Dampak perundungan tidak hanya pada aspek fisik, namun juga pada aspek psikologis dan sosial. Pelaku maupun korban perundungan seringkali tidak menyadari adanya masalah dalam perilaku mereka. Hasil survey dengan menggunakan kuisioner yang dilakukan oleh tim abdimas pada tahun 2022 – 2023 terhadap 531 siswa menunjukkan bahwa 29.9% siswa pernah melakukan perilaku perundungan di sekolah, baik sebagai pelaku maupun korban. Hasil penelitian pada siswa SMAN 1 Jogoroto didapatkan data bahwa pengetahuan dan sikap siswa terhadap perundungan adalah baik (75,4%), namun terdapat 20.2 % siswa yang melakukan perundungan di sekolah baik sebagai pelaku maupun korban. Metode pengabdian masyarakat ini adalah melakukan pendampingan di sekolah untuk mengembangkan program anti perundungan. Bentuk kegiatan yang dilakukan tim abdimas adalah: 1) FGD dengan manajemen sekolah, pemegang program P5 anti perundungan dan Organisasi Siswa Intra Sekolah; 2) Pembentukan satgas anti perundungan; 3) sosialisasi dengan pendekatan kelompok sebaya untuk peningkatan pemahaman dan sikap siswa terhadap perundungan; 4) Apresiasi karya siswa dalam kegiatan “ Unjuk Kreasi Stop Perundungan di Lingkungan Sekolah, dan 5) Penandatangan pakta integritas “stop perundungan di lingkungan Sekolah”. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah terbentuknya satgas anti perundungan di SMAN Jogoroto yang ditetapkan oleh kepala sekolah, terlaksananya sosialisai terkait perundungan di lingkungan sekolah oleh satgas, terlaksananya unjuk kreasi siswa dalam bentuk video, mural, serta gerak lagu dan tari. Kegiatan disemprnakan dengan penandatanganan pakta integritas “ stop perundungan di lingkungan sekolah oleh seluruh sivitas akademika di SMAN Jogotoro bersama tim abdimas Fakultas Ilmu Kesehatan Unipdu Jombang.
Keywords:
Satgas anti perundungan, Pendampingan, Siswa, SekolahDownloads
References
Ajzen, I. (2005). The Theory of Planned Behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes. Vol. 50, h.179-211. http://dx.doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T
Armansyah, M., Putri, R.A., Akila, N., et al. (2023). Menggali Masalah dengan Focus Group Discussion (FGD) di Dusun Halahalaya, Kabupaten Gowa. Siciality: Journal of Public Health Servive. Vol 2, No 2, Agustus 2023. Hal 166-172. https://doi.org/10.24252/sociality.v2i2.40316
Cook, C., Williams, K. R., Guerra, N. G., Kim, T.E., &Sadek, S. (2010). Predictors of bullying and victimization in childhood and adolescence: Ameta-analytic Investigation. School Psychology Quarterly, 25(2),65-83. https://doi.org/10.1037/a0020149
Ferona, N., Hawari, N., Siregar, Nurhabibi., et al. (2024). Sosialisasi Peer Guidence untuk Mereduksi Perilaku Bullying di Dayah Terpadu Al_Madinatuddiniyah Syamsuddhuha. Journal Solusi Masyarakat Desa.Volume 4 Number 3, Desember 2024. Hal 175-179. https://jsmd.dikara.org/jsmd/article/view/135
Isnawati, I.A., Yuanita, R. (2022). Pengaruh Mentoring Peer Group Terhadap Perilaku Verbal Bullying di Pondok Pesantren. Jurnal Keperawatan Vol. 20 No. 0 Desember 2022, hal 103-111. https://doi.org/10.35874/jkp.v20i4.1109
Katyana, W. (2019). Buku Panduan Melawan Bullying. Nuha Medika, pp. 11-18
Myers, D.G. (2012). Psikologi Sosial Jilid 2. Jakarta: Salemba Humanika.
Nafitri, D.A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, Afektif, Psikomotor. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, Vol 21. No 2, pp 151-172. http://dx.doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252
Nito, P. J. B., Manto, O. A. D., & Wulandari, D. (2020). Pengaruh Program Mentoring Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Penggunaan Standardized Nursing Language Mahasiswa Keperawatan sebagai Metode Pembelajaran. Dinamika Kesehatan: Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 11(2), 462-472. https://doi.org/10.33859/dksm.v11i2.628
Ttofi, M. M., & Farrington, D. P. (2011). Effectiveness of school-based programs to reduce bullying: a systematic and meta-analytic review. Journal of Experimental Criminology, 7(1), 27–56. https://doi.org/10.1007/s11292-010-9109-1
Ulfa, A. F., Yudianto, A., Ghofar, A., & Nurmalisyah, F. F. (2024). Knowledge Of Attitudes And Behavior Regarding Bullying Among Adolescents At Jogoroto Senior High School. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kesehatan, 10(2), 107-113. https://doi.org/10.33023/jpm.v10i2.2384
Ulfa, A. F., Zuliani, Z., & Pujiani, P. (2023). Focus Group Discussion (FGD), Workshop Dan Pendampingan pencegahan Perundungun di Lingkungan Sekolah SMK PK Bakti Indonesia Medika Jombang. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(5), 827-836. https://doi.org/10.53625/jabdi.v3i5.6477
Vanderbilt, D., & Augustyn, M. (2010). The effects of bullying. Paediatrics and child health, 20(7), 315-320. https://doi.org/10.1016/j.paed.2010.03.008
Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Faktor yang mempengaruhi remaja dalam melakukan. Jurnal penelitian & PPM, 4(2), 324-330. http://dx.doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14352
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ana Farida Ulfa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Most read articles by the same author(s)
- Ana Farida Ulfa, Kurniawati, Pujiani, Masruroh, Abdul Ghofar, Siti Muniroh, Zuliani, Zulfikar, Mamik Rahmawati, Screening Pertumbuhan Perkembangan dan Parenting Tumbuh Kembang Pada Usia Pra Sekolah , DEDIKASI SAINTEK Jurnal Pengabdian Masyarakat: Vol. 2 No. 1 (2023): April 2023