Pelatihan Dasar Fotografi untuk Mendukung Digitalisasi Produk Kopi Bubuk di UMKM Linusco Kabupaten Pasuruan

Authors

  • Ernawati Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Universitas Yudharta Pasuruan, Indonesia
  • Roisatul Ainiyah Program Studi Teknologi Hasil Perikanan, Universitas Yudharta Pasuruan, Indonesia
  • Hapsari Titi Palupi Program Studi Ilmu & Teknologi Pangan, Universitas Yudharta Pasuruan, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-5272-7530
  • Muhammad Syarwani Program Studi Teknik Informatika, Universitas Yudharta Pasuruan, Indonesia
  • Mochamad Hasyim Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Yudharta Pasuruan, Indonesia https://orcid.org/0000-0001-8794-1580
  • Miftahul Huda Program Studi Administrasi Bisnis, Universitas Yudharta Pasuruan, Indonesia https://orcid.org/0009-0003-9739-6039
  • Faishal Ananta Ridha Program Studi Teknik Informatika, Universitas Yudharta Pasuruan, Indonesia
  • Zainul Ahwan Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Yudharta Pasuruan, Indonesia
  • Lukman Hakim Program Studi Teknik Informatika, Universitas Yudharta Pasuruan, Indonesia
  • Muhammad Sulhan Program Studi Administrasi Bisnis, Universitas Yudharta Pasuruan, Indonesia
  • Muh Aniar Hari Swasono Program Studi Ilmu & Teknologi Pangan, Universitas Yudharta Pasuruan, Indonesia https://orcid.org/0000-0002-4584-9011

DOI:

https://doi.org/10.58545/djpm.v3i3.439

Abstract

Platform digital menjadi salah satu media utama dalam memperluas jangkauan pemasaran produk, terutama bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Kualitas foto produk memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan daya tarik visual dan memperluas jangkauan pemasaran produk. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas UMKM Linusco dalam memanfaatkan fotografi produk sebagai strategi pemasaran digital. Metode pelaksanaan meliputi tiga tahapan utama: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan mencakup identifikasi kebutuhan, penyusunan materi, dan penyediaan alat pendukung, sedangkan tahap pelaksanaan difokuskan kegiatan pelatihan. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep fotografi produk, kemampuan pengambilan foto, dan penguasaan aplikasi pengeditan, sebagaimana ditunjukkan melalui evaluasi hasil praktik peserta. Peserta berhasil menghasilkan foto produk yang lebih menarik dan profesional, siap digunakan untuk promosi digital. Pendekatan kegiatan pelatihan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta.

Keywords:

Fotografi, Digitalisasi, UMKM, Kopi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, D., Rushadiyati, R., Asim, A., Ahmadun, A., & Nurminingsih, N. (2022). Pelatihan membuat foto produk dengan kamera smart-phone bagi usaha mikro kecil di kelurahan cilangkap, jakarta timur. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (Pamas), 6(1), 39-44. https://doi.org/10.52643/pamas.v6i1.1969

Alamsyah, A. I. S. (2024). Peran Aplikasi Canva Dalam Mendukung Umkm Bersaing Di Era Digital. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research (Vol. 8, Issue 2, p. 343). Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta. https://doi.org/10.52362/jisamar.v8i2.1448

Cipto, A. W. (2021). Mengenal Fitur Pada Kamera Smartphone-Excellent Computer. https://www.excellentcom.id/.

Firdaus, M. I., Azizah, P. N., & Sa’adah, R. (2022). Pentingnya Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Umkm Di Era 4.0. Jurnal Graha Pengabdian, 4(2), 154. http://dx.doi.org/10.17977/um078v4i22022p154-162 .

Natanael, L., Panjaitan, P. T., Shabira, S., Arum, S., Rahayu, I. K., & Anggraini, N. D. K. (2024). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Kasus Kopi Kenangan Jakarta Timur). Prosiding Seminar Nasional Indonesia (Vol. 2, No. 2, pp. 193-205). https://www.adisampublisher.org/index.php/nasional/article/view/749

Paujiah, S., Ahmad, A., & Mutiasari Nur Wulan, M. N. (2022). Pengaruh Foto Produk dan Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Aplikasi GoFood. Reviu Akuntansi, Manajemen, dan Bisnis (Rambis), 2(1), 79-87. http://repository.lppm.unila.ac.id/47611/

Puspita, A. S., & Octoviani, A. (2023). Pelatihan Foto Produk Menggunakan Smartphone Untuk Materi Promosi Pada UMKM. Jurnal Golden Abdimas, 1(1), 1-5. https://ejournal.stie-igi.ac.id/index.php/goldenabdimas/article/download/5/2

Rahmayanti, H. D., Halim, M., Ferdiansyah, F., Ardiani, S., & Akmalia, N. (2021). Pendampingan Foto Produk Umkm Komunitas Saung Taleus Di Kota Bogor Menggunakan Ponsel Cerdas. Jurnal Pekamas, 1(2), 79-83. https://doi.org/10.46961/pkm.v1i2.465

Sari, W. P., & Irena, L. (2020). Komunikasi Visual di Era Digital Melalui Pelatihan Fotografi. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.24912/jbmi.v3i2.9422

Septiana, F., & Kurniawan, E. (2024). Peran Foto Produk Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Produk UMKM Desa Sumber Gede. SINAR SANG SURYA: Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 69-82. http://dx.doi.org/10.24127/sss.v8i2.3315

Sidhartani, S., Pratama, D., Raden, A. Z. M., & Qeis, M. I. (2020). Pelatihan foto produk UMKM Wayang Golek sebagai upaya promosi pasca pandemi Covid-19. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 18(2), 180-189. https://doi.org/10.33369/dr.v18i2.13522

Sulistyo, A., Suhartapa, S., & Annisa, R. N. (2022). Pengaruh Narasi Produk Dan Foto Produk Terhadap Presepsi Kualitas Dan Minat Beli Wisatawan Melalui Portal Digital Agoda. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 9(2), 18-38. https://doi.org/10.32477/jrm.v9i2.455

Downloads

Published

09-12-2024

How to Cite

Ernawati, Ainiyah, R., Palupi, H. T., Syarwani, M., Hasyim, M., Huda, M., Ridha, F. A., Ahwan, Z., Hakim, L., Sulhan, M., & Swasono, M. A. H. (2024). Pelatihan Dasar Fotografi untuk Mendukung Digitalisasi Produk Kopi Bubuk di UMKM Linusco Kabupaten Pasuruan. DEDIKASI SAINTEK Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 313–322. https://doi.org/10.58545/djpm.v3i3.439

PlumX Metrics