
Pelatihan Dasar Fotografi untuk Mendukung Digitalisasi Produk Kopi Bubuk di UMKM Linusco Kabupaten Pasuruan
DOI:
https://doi.org/10.58545/djpm.v3i3.439Abstract
Platform digital menjadi salah satu media utama dalam memperluas jangkauan pemasaran produk, terutama bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Kualitas foto produk memiliki peran yang sangat penting untuk meningkatkan daya tarik visual dan memperluas jangkauan pemasaran produk. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kapasitas UMKM Linusco dalam memanfaatkan fotografi produk sebagai strategi pemasaran digital. Metode pelaksanaan meliputi tiga tahapan utama: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan mencakup identifikasi kebutuhan, penyusunan materi, dan penyediaan alat pendukung, sedangkan tahap pelaksanaan difokuskan kegiatan pelatihan. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman konsep fotografi produk, kemampuan pengambilan foto, dan penguasaan aplikasi pengeditan, sebagaimana ditunjukkan melalui evaluasi hasil praktik peserta. Peserta berhasil menghasilkan foto produk yang lebih menarik dan profesional, siap digunakan untuk promosi digital. Pendekatan kegiatan pelatihan mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta.
Keywords:
Fotografi, Digitalisasi, UMKM, KopiDownloads
References
Agustin, D., Rushadiyati, R., Asim, A., Ahmadun, A., & Nurminingsih, N. (2022). Pelatihan membuat foto produk dengan kamera smart-phone bagi usaha mikro kecil di kelurahan cilangkap, jakarta timur. Jurnal Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (Pamas), 6(1), 39-44. https://doi.org/10.52643/pamas.v6i1.1969
Alamsyah, A. I. S. (2024). Peran Aplikasi Canva Dalam Mendukung Umkm Bersaing Di Era Digital. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research (Vol. 8, Issue 2, p. 343). Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Jayakarta. https://doi.org/10.52362/jisamar.v8i2.1448
Cipto, A. W. (2021). Mengenal Fitur Pada Kamera Smartphone-Excellent Computer. https://www.excellentcom.id/.
Firdaus, M. I., Azizah, P. N., & Sa’adah, R. (2022). Pentingnya Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Umkm Di Era 4.0. Jurnal Graha Pengabdian, 4(2), 154. http://dx.doi.org/10.17977/um078v4i22022p154-162 .
Natanael, L., Panjaitan, P. T., Shabira, S., Arum, S., Rahayu, I. K., & Anggraini, N. D. K. (2024). Pengaruh Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi Kasus Kopi Kenangan Jakarta Timur). Prosiding Seminar Nasional Indonesia (Vol. 2, No. 2, pp. 193-205). https://www.adisampublisher.org/index.php/nasional/article/view/749
Paujiah, S., Ahmad, A., & Mutiasari Nur Wulan, M. N. (2022). Pengaruh Foto Produk dan Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Aplikasi GoFood. Reviu Akuntansi, Manajemen, dan Bisnis (Rambis), 2(1), 79-87. http://repository.lppm.unila.ac.id/47611/
Puspita, A. S., & Octoviani, A. (2023). Pelatihan Foto Produk Menggunakan Smartphone Untuk Materi Promosi Pada UMKM. Jurnal Golden Abdimas, 1(1), 1-5. https://ejournal.stie-igi.ac.id/index.php/goldenabdimas/article/download/5/2
Rahmayanti, H. D., Halim, M., Ferdiansyah, F., Ardiani, S., & Akmalia, N. (2021). Pendampingan Foto Produk Umkm Komunitas Saung Taleus Di Kota Bogor Menggunakan Ponsel Cerdas. Jurnal Pekamas, 1(2), 79-83. https://doi.org/10.46961/pkm.v1i2.465
Sari, W. P., & Irena, L. (2020). Komunikasi Visual di Era Digital Melalui Pelatihan Fotografi. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.24912/jbmi.v3i2.9422
Septiana, F., & Kurniawan, E. (2024). Peran Foto Produk Sebagai Media Promosi Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Produk UMKM Desa Sumber Gede. SINAR SANG SURYA: Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 69-82. http://dx.doi.org/10.24127/sss.v8i2.3315
Sidhartani, S., Pratama, D., Raden, A. Z. M., & Qeis, M. I. (2020). Pelatihan foto produk UMKM Wayang Golek sebagai upaya promosi pasca pandemi Covid-19. Dharma Raflesia: Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 18(2), 180-189. https://doi.org/10.33369/dr.v18i2.13522
Sulistyo, A., Suhartapa, S., & Annisa, R. N. (2022). Pengaruh Narasi Produk Dan Foto Produk Terhadap Presepsi Kualitas Dan Minat Beli Wisatawan Melalui Portal Digital Agoda. Jurnal Riset Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Wiwaha Program Magister Manajemen, 9(2), 18-38. https://doi.org/10.32477/jrm.v9i2.455
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ernawati, Roisatul Ainiyah, Hapsari Titi Palupi, Muhammad Syarwani, Mochamad Hasyim, Miftahul Huda, Faishal Ananta Ridha, Zainul Ahwan, Lukman Hakim, Muhammad Sulhan, Muh Aniar Hari Swasono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.