Pendampingan Penulisan Artikel Jurnal untuk Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Publikasi Ilmiah Guru Sekolah Dasar, Gugus Gajahmada, Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang

Authors

DOI:

https://doi.org/10.58545/djpm.v3i3.406

Abstract

Guru wajib melakukan pengembangan keprofesian berkelanjutan yang mencakup pengembangan diri, publikasi ilmiah, maupun pengembangan karya inovatif. Permasalahan yang dialami guru-guru yang tergabung dalam KKG gugus Gajahmada, Kecamatan Gajahmungkur, Kota Semarang berkaitan dengan hal tersebut adalah kesulitan untuk meningkatkan profesionalisme pada kepenulisan. Kegiatan pengabdian dalam bentuk pengembangan keprofesian berkelanjutan melalui pendampingan penulisan artikel jurnal sangat penting untuk dilakukan mengingat kualitas dan kuantitas publikasi ilmiah oleh guru-guru masih kurang optimal. Sasaran pada kegiatan ini adalah guru-guru di Gugus Gajahmada yang terdiri dari perwakilan guru dari 7 SD (negeri maupun swasta). Metode pelaksanaan kegiatan terdiri dari: pengisian angket/kuesioner sebagai penilaian kemampuan awal, pemaparan materi untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan penulisan artikel jurnal, pendampingan penulisan artikel jurnal melalui pendekatan klasikal, kemudian kelompok kecil atau individu, pengarahan untuk publikasi ke jurnal target dengan bekerja sama dengan beberapa jurnal, Guru kembali mengisi angket/kuesioner sebagai penilaian diri setelah kegiatan pendampingan. Hasil pengabdian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan penulisan artikel jurnal, sehingga berdampak pada kualitas tulisan yang dihasilkan.

Keywords:

Guru Sekolah Dasar, Jurnal, Penulisan Artikel, Publikasi Ilmiah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, C. M., Warniasih, K., & Jana, P. (2019). Development of Student Work Sheets Based on Contextual Learning to Facilitate Mathematic Concept Understanding Skill of Junior High School Student 7th Grade. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.30998/formatif.v9i1.2773

Arifin, S. M., Ilyas, H. P., & Dewi, N. K. (2022). Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Yang Diintegrasikan Pada Pengajaran Dan Pembelajaran Bagi Guru Bahasa Inggris Madrasah Tsanawiyah Karawang. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat. Vol. 5 No. 1, pp. 26-40. http://dx.doi.org/10.29303/jppm.v5i1.3267

Ditjen GTK Kemdikbud. (2018) Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Diunduh dari https://docplayer.info/86136462-Program-pengembangan-keprofesian-berkelanjutan-ditjen-gtk-kemdikbud-2018.html

Djuroto, T., & Supriyadi, B. (2017). Menulis Artikel dan Karya Ilmiah. Bandung: Remaja Rosda Karya

Ixtiarto, B., & Sutrisno, B. (2017). Kemitraan Sekolah Menengah Kejuruan Dengan Dunia Usaha Dan Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 57–96. https://doi.org/10.2317/jpis.v26i1.2130

Marto, H. (2019). Kesulitan Guru Sekolah Dasar Dalam Menulis Karya Ilmiah Di Kabupaten Tolitoli Difficulty of Primary School Teachers in Writing Scientific Works As the Development of Profesional Competence in Tolitoli District. 1(2), 84–89. https://jurnalbrida.sultengprov.go.id/index.php/bomba/article/view/27

Mulyani, Y. S., Wibisono, T., Alawiyah, T., & Warnilah, A. I. (2019). Pelatihan Komputer Dasar Untuk Mendukung Proses Kegiatan Belajar Mengajar ( KBM ) Bagi Guru-Guru RA / TPQ / DTA Al-Ishlaah Kota Tasikmalaya. Jurnal Abdimas BSI, 2(2), 234-240. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i2.5768

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya

Pickett, S.T.A., & McDonnell, M. J. (2017). The art and science of writing a publishable article. Journal of Urban Ecology 3(1), pp. 1-6. https://doi.org/10.1093/jue/jux018

Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Wahyudi, T. N. (2020). Peran Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) Dalam mempromosikan Guru Pembelajar Untuk Meningkatkan Profesional Guru. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (SNP) 2016. Repository Universitas Muhammadiyah Surakarta. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/7275

Wardani, O. P., Turahmat, T., Chamalah, E., Azizah, A., Setiana, L. N., Arsanti, M., Maharani, H. R., Basir, M. A., & Wijayanti, D. (2019). Pelatihan penulisan karya tulis ilmiah bagi guru-guru SD di desa Geneng kabupaten Jepara. Indonesian Journal of Community Services, 1(1), 116. https://doi.org/10.30659/ijocs.1.1.116-125

Widodo, A., Rosyidah, A. N. K., Ermiana, I., Anar, A. P., Haryati, L. F., & Novitasari, S. (2021). Analisis Kesulitan Guru SD di Lombok Utara dalam Penyusunan Karya Ilmiah. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(3), 205–212. https://doi.org/10.30998/sap.v5i3.7692

Yanti, G., Z, Z., & Megasari, S. W. (2020). Pelatihan Penulisan Artikel untuk Publikasi E-Jurnal bagi Researcher Club . Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 461-469. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v4i3.4107

Downloads

Published

05-12-2024

How to Cite

Tyas, D. N., Sukasih, S., Fathurrahman, M., & Bektiningsih, K. (2024). Pendampingan Penulisan Artikel Jurnal untuk Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Publikasi Ilmiah Guru Sekolah Dasar, Gugus Gajahmada, Kecamatan Gajahmungkur Kota Semarang. DEDIKASI SAINTEK Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 256–266. https://doi.org/10.58545/djpm.v3i3.406

PlumX Metrics