Penerapan Teknik Self-Regulated Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik TK Santa Anna Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.58545/djpm.v3i1.265Abstract
Anak Usia Dini merupakan fase dimana individu mengalami tahap perkembangan secara signifikan pada hidupnya. Kondisi tersebut membutuhkan adanya pembelajaran dan pendampingan yang tepat untuk mendukung tumbuh kembang diri peserta didik secara optimal. Hal tersebut relevan dengan sasaran pengabdian dimana adanya permasalahan mengenai memandirikan peserta didik untuk bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Teknik Self-Regulated Learning membantu peserta didik dalam menyadari dan memahami diri sendiri akan kebutuhannya menjalani pendidikan. Secara garis besar, Self-Regulated Learning merupakan upaya yang dilakukan untuk memandirikan peserta didik dalam rangka pemahaman dan perkembangan diri dalam memperoleh pendidikan serta kehidupan sehari-hari. Pengabdian penerapan teknik Self-Regulated Learning ini bertujuan untuk memandirikan peserta didik TK Santa Anna Surabaya. Pengabdian dilakukan dengan metode Tindakan Kelas dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Self-Regulated Learning terbukti efektif untuk meningkatkan kemandirian peserta didik. Peningkatan kemandirian melalui Self-Regulated Learning dengan sasaran anak usia dini dapat lebih efektif jika dilakukan dengan memberikan penguatan (reinforcement) sebagai motivasi positif agar anak bisa melakukan instruksi.
Keywords:
Self Regulated Learning, Self Regulation, KindergartenDownloads
References
Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk karakter religius peserta didik melalui metode pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). Pp 21-33 https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312
Andayani, S. (2021). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal An-nur: kajian ilmu-ilmu pendidikan dan keislaman, 7(02), 199-212. https://www.journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/view/130
Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15-22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475
Elfidayanti, (2013). Hubungan Kreativitas dan Motivasi Berprestasi Dengan Self-Regulated Pada Siswa MTsN Stabat. Medan Area University Repository. https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/895
Ghimby, A. B. D (2022). Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2091–2104. https://doi.org/10.53625/joel.v1i12.3014
Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak usia dini. Jurnal golden age, 2(01), 01-12. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739
Latipah, E. (2017). Pengaruh strategi experiential learning terhadap Self-Regulated Learning mahasiswa. Humanitas, 14(1), 41. http://dx.doi.org/10.26555/humanitas.v14i1.4547
Mutiarachmah, D., & Maryatmi, A. S. (2019). Hubungan antara regulasi diri dan psychological well-being dengan kecemasan dalam menghadapi dunia kerja pada mahasiswa tingkat akhir jurusan Kesejahteraan Sosial UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 3(3), 163-177. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/688
Nugrahani, R. P. ., Nurcahyo, A. ., & Kholid, M. N. . (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Pada Materi Statistika Ditinjau Dari Self-Regulated Learning. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 5(1), 232-243. https://doi.org/10.46306/lb.v5i1.550
Oktaviani, L., Styawati, S., Lathifah, L., Lestari, Y. T., & Khadaffi, Y. (2021). PKM Peningkatan Pemahaman Guru Mengenai Penelitian Tindakan Kelas dan Kualitatif di MAN 1 Pesawaran. Jurnal Widya Laksmi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 98–103. https://doi.org/10.59458/jwl.v1i2.20
Pramesti, A. A., & Waluyo, E. (2023). Efektivitas Self-Regulated Learning Terhadap Capaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6855-6866. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5699
Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49-60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283
Puspita, A., & Harfiani, R. (2024). Penerapan Pembiasaan Positif Dalam Upaya Meningkatkan Karakter Anak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 25-38. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.425
Susilowati, D. (2018). Tim Pengabdian Tindakan Kelas (PTK) solusi alternatif problematika pembelajaran. Jurnal ilmiah edunomika, 2(01). http://dx.doi.org/10.29040/jie.v2i01.175
Zare, J., Delavar, K. A., Derakhshan, A., & Pawlak, M. (2024). The relationship between self‐regulated learning strategy use and task engagement. In International Journal of Applied Linguistics. Wiley. https://doi.org/10.1111/ijal.12535
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Angela Amanda Berlian Hati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Most read articles by the same author(s)
- Alfian Hari Firmansyah, Tamara Avrelia Damayanti, Aufa Zakia Noza, Bakhrudin All Habsy, Penerapan Differential Reinforcement of Alternative Behavior untuk Mengurangi Peilaku Self-Injury pada Remaja SMA Surabaya , DEDIKASI SAINTEK Jurnal Pengabdian Masyarakat: Vol. 3 No. 2 (2024): Agustus 2024