Penerapan Teknik Self-Regulated Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik TK Santa Anna Surabaya

Authors

  • Angela Amanda Berlian Hati Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Mirza Ghulam Abdullah Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Ayu Lestari Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya
  • Bakhrudin All Habsy Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya https://orcid.org/0000-0002-0544-7544

DOI:

https://doi.org/10.58545/djpm.v3i1.265

Abstract

Anak Usia Dini merupakan fase dimana individu mengalami tahap perkembangan secara signifikan pada hidupnya. Kondisi tersebut membutuhkan adanya pembelajaran dan pendampingan yang tepat untuk mendukung tumbuh kembang diri peserta didik secara optimal. Hal tersebut relevan dengan sasaran pengabdian dimana adanya permasalahan mengenai memandirikan peserta didik untuk bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Teknik Self-Regulated Learning membantu peserta didik dalam menyadari dan memahami diri sendiri akan kebutuhannya menjalani pendidikan. Secara garis besar, Self-Regulated Learning merupakan upaya yang dilakukan untuk memandirikan peserta didik dalam rangka pemahaman dan perkembangan diri dalam memperoleh pendidikan serta kehidupan sehari-hari. Pengabdian penerapan teknik Self-Regulated Learning ini bertujuan untuk memandirikan peserta didik TK Santa Anna Surabaya. Pengabdian dilakukan dengan metode Tindakan Kelas dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Self-Regulated Learning terbukti efektif untuk meningkatkan kemandirian peserta didik. Peningkatan kemandirian melalui Self-Regulated Learning  dengan sasaran anak usia dini dapat lebih efektif jika dilakukan dengan memberikan penguatan (reinforcement) sebagai motivasi positif agar anak bisa melakukan instruksi.

Keywords:

Self Regulated Learning, Self Regulation, Kindergarten

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Angela Amanda Berlian Hati, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Mirza Ghulam Abdullah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Ayu Lestari, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Bakhrudin All Habsy, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya

Prodi Bimbingan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

 

References

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk karakter religius peserta didik melalui metode pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1). Pp 21-33 https://doi.org/10.24176/jpp.v2i1.4312

Andayani, S. (2021). Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal An-nur: kajian ilmu-ilmu pendidikan dan keislaman, 7(02), 199-212. https://www.journal.an-nur.ac.id/index.php/annur/article/view/130

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15-22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Elfidayanti, (2013). Hubungan Kreativitas dan Motivasi Berprestasi Dengan Self-Regulated Pada Siswa MTsN Stabat. Medan Area University Repository. https://repositori.uma.ac.id/handle/123456789/895

Ghimby, A. B. D (2022). Pengaruh Self Regulated Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2091–2104. https://doi.org/10.53625/joel.v1i12.3014

Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak usia dini. Jurnal golden age, 2(01), 01-12. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739

Latipah, E. (2017). Pengaruh strategi experiential learning terhadap Self-Regulated Learning mahasiswa. Humanitas, 14(1), 41. http://dx.doi.org/10.26555/humanitas.v14i1.4547

Mutiarachmah, D., & Maryatmi, A. S. (2019). Hubungan antara regulasi diri dan psychological well-being dengan kecemasan dalam menghadapi dunia kerja pada mahasiswa tingkat akhir jurusan Kesejahteraan Sosial UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial dan Humaniora, 3(3), 163-177. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/688

Nugrahani, R. P. ., Nurcahyo, A. ., & Kholid, M. N. . (2024). Analisis Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa Pada Materi Statistika Ditinjau Dari Self-Regulated Learning. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 5(1), 232-243. https://doi.org/10.46306/lb.v5i1.550

Oktaviani, L., Styawati, S., Lathifah, L., Lestari, Y. T., & Khadaffi, Y. (2021). PKM Peningkatan Pemahaman Guru Mengenai Penelitian Tindakan Kelas dan Kualitatif di MAN 1 Pesawaran. Jurnal Widya Laksmi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 98–103. https://doi.org/10.59458/jwl.v1i2.20

Pramesti, A. A., & Waluyo, E. (2023). Efektivitas Self-Regulated Learning Terhadap Capaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6855-6866. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5699

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49-60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283

Puspita, A., & Harfiani, R. (2024). Penerapan Pembiasaan Positif Dalam Upaya Meningkatkan Karakter Anak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 25-38. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.425

Susilowati, D. (2018). Tim Pengabdian Tindakan Kelas (PTK) solusi alternatif problematika pembelajaran. Jurnal ilmiah edunomika, 2(01). http://dx.doi.org/10.29040/jie.v2i01.175

Zare, J., Delavar, K. A., Derakhshan, A., & Pawlak, M. (2024). The relationship between self‐regulated learning strategy use and task engagement. In International Journal of Applied Linguistics. Wiley. https://doi.org/10.1111/ijal.12535

Downloads

Published

28-04-2024

How to Cite

Hati, A. A. B., Abdullah, M. G., Lestari, A., & Habsy, B. A. (2024). Penerapan Teknik Self-Regulated Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik TK Santa Anna Surabaya . DEDIKASI SAINTEK Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 32–44. https://doi.org/10.58545/djpm.v3i1.265

Issue

Section

Articles

PlumX Metrics