Penerapan Differential Reinforcement of Alternative Behavior untuk Mengurangi Peilaku Self-Injury pada Remaja SMA Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.58545/djpm.v3i2.273Abstract
Salah satu permasalahan yang banyak dialami pada masa remaja termasuk siswa SMA adalah perilaku Self-Injury yaitu menyakiti diri sendiri dengan mengelupas kulit bibir hingga berdarah. Permasalahan ini ditemukan di salah satu SMA Negeri Surabaya. Siswa tersebut suka mengelupas kulit bibir saat merasa bibirnya kering, bosan dan cemas. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk menunjukkan bahwa siswa kelas X salah satu SMA Negeri Surabaya dapat meminimalisir perilaku melukai diri sendiri, khususnya mengelupas kulit bibir hingga berdarah, dengan memberikan differential reinforcement of alternative behavior. Pengabdian ini menerapkan differential reinforcement of alternative behavior untuk mengukur frekuensi perilaku Self-Injury , khususnya mengelupas kulit bibir hingga terjadi berdarah selama intervensi. Studi Subjek Tunggal (SSR) menggunakan desain A-B-A dengan menggunakan grafik visual. Berdasarkan data tersebut, hasil pengabdian menunjukkan bahwa siswa kelas X di salah satu SMA Negeri Surabaya menunjukkan perilaku Self-Injury yaitu mengelupas kulit bibir hingga berdarah menurun sesuai dengan hasil analisis data dalam kondisi dan antar kondisi. Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa siswa kelas X di sebuah SMA Negeri di Surabaya termasuk dalam perilaku Self-Injury , yaitu dengan cara mengelupas kulit bibir hingga berdarah.
Keywords:
Differential Reinforcement Of Alternative Behavior, Remaja, Perilaku Self-InjuryDownloads
References
Ardiwijaya, R. P., & Kuntoro, I. A. (2019). Penerapan Differential Reinforcement of Alternative Behavior Untuk Menurunkan Screen-Time Pada Anak Dengan Language Disorder. Journal of Psychological Science and Profession 3 (1): 57. https://doi.org/10.24198/jpsp.v3i1.21507.
Auerbach, R. P., Pagliaccio, D., Allison, G. O., Alqueza, K. L., & Alonso, M. F. (2021). Neural Correlates Associated With Suicide and Nonsuicidal Self-injury in Youth. Journal Pre- Proof, 89(2), 119–133. https://doi.org/10.1016/j.biopsych.2020.06.002
Ee, G. T., & Li, L. P. (2019). Types of Self-harm Behaviour among Chinese Adolescents in Malaysia. Borneo International Journal of Education, 1, 5–16.
Greitemeyer, T., & Sagioglou, C. (2021). Predictors of nonsuicidal self-injury : The independent contribution of benign masochism and antisocial personality. Journal Elsevier, 168(September 2020), 110380. https://doi.org/10.1016/j.paid.2020.110380
Katodhia, L., & C. Sinambela, F. (2020). Efektifitas Pelatihan Emotional Intelligence untuk Meningkatkan Resiliensi pada Siswi SMP yang Melakukan Self-Injury . Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 5(2), 114–131. https://doi.org/10.33367/psi.v5i2.956
Ghina, L., & Iswari, M. (2023). Efektivitas Differential Reinforcement of Alternative Behavior Untuk Mengurangi Perilaku Tantrum (Menyakiti Diri Sendiri) Pada Anak Down Syndrome. Jurnal Pendidikan Tambusai 7 (3): 28676–80. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11559.
Malumbot, C. M. ., Naharia, M. ., & Kaunang, S. E. J. . (2020). Studi Tentang Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Self Injury Dan Dampak Psikologis Pada Remaja . Psikopedia, 1(1). https://doi.org/10.53682/pj.v1i1.1612
Dalimunthe, R. Z., & Ramadhan, R. A. (2021). Mereduksi Tingkat Stres Ketua Ekstrakurikuler Dengan Mindfulness-Based Stress Reduction. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 10(2), 89-99. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/23923
Zakaria, Z. Y. H., & Theresa, R. M. (2020). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Nonsuicidal SelfInjury (Nssi) Pada Remaja Putri. Journal of Psychological Science and Profession, 4(2), 85. https://doi.org/10.24198/jpsp.v4i2.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alfian Hari Firmansyah, Tamara Avrelia Damayanti, Aufa Zakia Noza, Bakhrudin All Habsy
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Most read articles by the same author(s)
- Angela Amanda Berlian Hati, Mirza Ghulam Abdullah, Ayu Lestari, Bakhrudin All Habsy, Penerapan Teknik Self-Regulated Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Peserta Didik TK Santa Anna Surabaya , DEDIKASI SAINTEK Jurnal Pengabdian Masyarakat: Vol. 3 No. 1 (2024): April 2024