Penyuluhan Potensi Bahaya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Sekolah pada Siswa SMPN 10 Kendari di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara

Authors

  • Siti Rabbani Karimuna Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo, Sulawesi Tenggara, Indonesia
  • Dhira Fijri Yasmin Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo, Sulawesi Tenggara, Indonesia
  • Dewi Faridah Nur Shahadah Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo, Sulawesi Tenggara, Indonesia
  • Dian Sari Aristianty Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo, Sulawesi Tenggara, Indonesia
  • Intan Marchella Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo, Sulawesi Tenggara, Indonesia
  • Melia Pradita Rohadi Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo, Sulawesi Tenggara, Indonesia
  • Michelin Alfa Saruran Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo, Sulawesi Tenggara, Indonesia
  • Muhammad Arifin Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo, Sulawesi Tenggara, Indonesia
  • Rini Tri Hapsari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo, Sulawesi Tenggara, Indonesia
  • Sesy Dwi Prinita Jafarudin Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo, Sulawesi Tenggara, Indonesia
  • Susi Indahsari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo, Sulawesi Tenggara, Indonesia
  • Ulan Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo, Sulawesi Tenggara, Indonesia
  • Wa Ode Intan Aprilia Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo, Sulawesi Tenggara, Indonesia
  • Wa Ode Sitti Nurmulya Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo, Sulawesi Tenggara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.58545/djpm.v3i3.436

Abstract

Keselamatan dan Kesehatan Kerja adalah komponen utama dalam kehidupan, termasuk di lingkungan sekolah. Risiko dan bahaya yang diakibatkan oleh ancaman kesehatan dan kecelakaan dapat terjadi pada siapa saja termasuk dalam lingkungan sekolah baik staf, guru dan siswa. Penyuluhan mengenai potensi bahaya kesehatan dan keselamatan kerja (K3) di sekolah bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap risiko dan bahaya di lingkungan sekolah serta cara pencegahannya. Kegiatan ini dilakukan pada siswa kelas 7.1 SMPN 10 Kendari dengan metode pre-test, penyuluhan, simulasi gempa bumi, dan post-test. Hasil menunjukkan peningkatan pengetahuan siswa dari rata-rata nilai pre-test 5,67 menjadi 8,6 pada post-test. Uji wilcoxon menghasilkan p-value 0,001, menunjukkan adanya perbedaan signifikan sebelum dan sesudah penyuluhan. Penyuluhan ini mencakup berbagai aspek, seperti pengenalan potensi bahaya di sekolah, pentingnya penerapan alat pelindung diri (APD), langkah-langkah tanggap darurat, serta upaya menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan sehat. Penyuluhan ini efektif meningkatkan kesadaran dan pengetahuan siswa terhadap pentingnya penerapan K3 di sekolah.

Keywords:

Potensi Bahaya K3, Sekolah, Penyuluhan, Edukasi Kesehatan

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Siti Rabbani Karimuna, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo, Sulawesi Tenggara, Indonesia

Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat

Dhira Fijri Yasmin, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo, Sulawesi Tenggara, Indonesia

Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat

Dewi Faridah Nur Shahadah, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo, Sulawesi Tenggara, Indonesia

Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat

Dian Sari Aristianty, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo, Sulawesi Tenggara, Indonesia

Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat

Intan Marchella, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo, Sulawesi Tenggara, Indonesia

Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat

Melia Pradita Rohadi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo, Sulawesi Tenggara, Indonesia

Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat

Michelin Alfa Saruran, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo, Sulawesi Tenggara, Indonesia

Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat

Muhammad Arifin, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo, Sulawesi Tenggara, Indonesia

Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat

Rini Tri Hapsari, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo, Sulawesi Tenggara, Indonesia

Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat

Sesy Dwi Prinita Jafarudin, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo, Sulawesi Tenggara, Indonesia

Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat

Susi Indahsari, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo, Sulawesi Tenggara, Indonesia

Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat

Ulan, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo, Sulawesi Tenggara, Indonesia

Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat

Wa Ode Intan Aprilia, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo, Sulawesi Tenggara, Indonesia

Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat

Wa Ode Sitti Nurmulya, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo, Sulawesi Tenggara, Indonesia

Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat

References

Ansori, M. H., & Santoso, M. B. (2020). Pentingnya Pembentukan Program Sekolah Siaga Bencana Bagi Kabupaten Bandung Barat.Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat,vol 6no (3), 307. http://dx.doi.org/10.24198/jppm.v6i3.22975 DOI: https://doi.org/10.24198/jppm.v6i3.22975

Dhohirrobbi, A., Islamudin, M. M., Chamidah, N., & Amin, S. (2024). Membangun Kesadaran Siswa Tentang Mitigasi Bencana Gempa Bumi Melalui Program Edukasi. Jurnal Pengabdian Nasional (JPN) Indonesia, 6(1), 114-122. https://doi.org/10.35870/jpni.v6i1.1142 DOI: https://doi.org/10.35870/jpni.v6i1.1142

Djaali, N. A., Usman, S., Agustino, R., & Simaibang, F. H. (2020). Penerapan kesehatan dan keselamatan kerja (k3) melalui sosialisasi potensi bahaya di sekolah. Jurnal Pemberdayaan Komunitas MH Thamrin, 2(1), 34-43. https://doi.org/10.37012/jpkmht.v2i1.290 DOI: https://doi.org/10.37012/jpkmht.v2i1.290

Genika, P. R., Luthfia, R. A., & Wahyuningsih, Y. (2023). Urgensi Pembelajaran Mitigasi Bencana terhadap Kesiapsiagaan Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 3239-3246. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11503

Handayani, R., Apriani, B. K., & Sudirman, S. (2024). Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Lingkungan Sekolah Dasar Negeri 29 Ampenan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 2035-2040. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.2342 DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v9i3.2342

Haristiani, R., Setioputro, B., Yunanto, R. A., Al Alawi, R. I., & Zahra, A. (2023). Peningkatan Pengetahuan Kesiapsiagaan Bencana Banjir Melalui Edukasi Video Animasi dan Simulasi di SMPN 3 Ambulu Jember. DEDIKASI SAINTEK Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 26-35. https://doi.org/10.58545/djpm.v2i1.42 DOI: https://doi.org/10.58545/djpm.v2i1.42

Kisno, K., Siregar, V. M. M., Sugara, H., Purba, A. T., & Purba, S. (2022). Occupational Safety and Health Education (K3) At Vocational Middle School In Tanjung Morawa. Jurnal Abdi Insani, 9(2), 570–579. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i2.616 DOI: https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v9i2.616

Mustari, Muhammadong (2022). Perlindungan Kesehatan dan Keselamata Kerja Bagi Guru SMPN/SMP Swasta se Kabupaten Maros. UNM. Seminar nasional, 2(1), 214-224. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/39409

Noviansyah, K. A. (2023). Sosialisasi Penerapan Peraturan K3 (Keselamatan Dan Kesehatan Kerja) pada Siswa SMA Negeri 1 Kikim Barat Lahat. 'Asabiyah: Jurnal Pengabdian Hukum, 1(1). https://doi.org/10.32502/asabiyah.v1i1.70 DOI: https://doi.org/10.32502/jph.v1i1.5928

Patricia, V., & Yani, A. (2023). Pemberdayaan Siswa Sebagai Preventive agent Melalui Penyuluhan Keamanan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Sekolah Menengah Kejuruan Kesehatan. Surya Abdimas, 7(3), 391-400. https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i3.2918 DOI: https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i3.2918

Pertiwi, W., & Febrianti, R. (2022). Hubungan Antara Pengetahuan, Sikap Dengan Kejadian Kecelakaan Kerja Pada Siswa Boarding School Dan Pondok Pesantren Di Kota Serang. Journal of baja health science, 2(02), 129-137. https://doi.org/10.47080/joubahs.v2i02.2105 DOI: https://doi.org/10.47080/joubahs.v2i02.2105

Puspaningrum, A. S., Pratiwi, D., Susanto, E. R., Samsugi, S., Pratama, R., Kurniawan, W., & Hasbi, F. A. (2022). Implementasi Sekolah Tangguh Bencana Pada Smk Bina Latih Karya. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(2), 224-232. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2091 DOI: https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2091

Rahman, R., Alwi, M. K., & Suharni, S. (2022). Pengaruh Penerapan Modul K3 Sebagai Bahan Ajar Terhadap Pengetahuan Anak Sekolah Dasar Tentang Kesehatan Dan Keselamatan Kerja. Journal of Muslim Community Health, 3(2), 152-166. https://doi.org/10.52103/jmch.v3i2.874

Rinawati, S., Atmojo, T. B., Fajraiani, R., Qadrijati, I., Wardani, T. L., & Ismayenti, L. (2023). Efektivitas Edusafety Snake-Ladder Games Sebagai Media Edukasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekolah Siswa MTS. Abdimas Awang Long, 6(2), 46-52. https://doi.org/10.56301/awal.v6i2.842 DOI: https://doi.org/10.56301/awal.v6i2.842

Situngkir, D., Putri, E. C., Ayu, I. M., Muda, C. A. K., & Setianti, N. (2024). Penyuluhan Tanggap Darurat Kebakaran pada Siswa Kelas XI IPS SMA N 5 Depok. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 457-466. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i2.1667 DOI: https://doi.org/10.37339/jurpikat.v5i2.1667

Wibowo, I. Y. (2022). Promosi Kesehatan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Sekolah Di SMA Santo Yosef Duri. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 3(1), 190-195. https://doi.org/10.46306/jabb.v3i1.204

Downloads

Published

07-12-2024

How to Cite

Karimuna, S. R., Yasmin, D. F., Shahadah, D. F. N., Aristianty, D. S., Marchella, I., Rohadi, M. P., Saruran, M. A., Arifin, M., Hapsari, R. T., Jafarudin, S. D. P., Indahsari, S., Ulan, Aprilia, W. O. I., & Nurmulya, W. O. S. (2024). Penyuluhan Potensi Bahaya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di Sekolah pada Siswa SMPN 10 Kendari di Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara . DEDIKASI SAINTEK Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 278–288. https://doi.org/10.58545/djpm.v3i3.436

PlumX Metrics