Pendampingan Pelaksanaan Masa Kesetiaan Anggota (MAKESTA) IPNU IPPNU SMK NU Kesesi Pekalongan
DOI:
https://doi.org/10.58545/djpm.v3i1.35Abstract
Perkembangan spiritual seseorang berlangsung melalui interaksi internal dan lingkungan eksternal secara resiprokal. Perkembangan internal spiritual pelajar semasa SMA memasuki masa kritis, usia dimana sedang mencari kebebasan untuk mengetahui jati diri dengan menunjukkan eksistensinya. Maka dibutuhkan kegiatan yang dapat mengembangkan kecerdasan spiritual misalnya Makesta. Tujuan kegiatan makesta ini adalah untuk menghasilkan kader-kader yang mampu membangkitkan NU di tengah masyarakat. Metode pendampingan ini menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara dengan pemateri, panitia dan peserta. IPNU IPPNU merupakan solusi cerdas yang dinilai mampu memberikan arahan kepada generasi muda, mengingat orientasi pendidikan dan pelatihan mereka lebih mengarah pada generasi muda dan sekolah. Materi yang diberikan pada kegiatan makesta ini adalah aswaja, Nuansa, CPB KPP, dan wawasan kebangsaan. Didapatkan kesimpulan bahwa signifikansi kecerdasan spiritual siswa melalui pendampingan Makesta IPNU IPPNU SMK NU KESESI, dengan enam jalur yaitu: Pertama, melalui penugasan. Kedua, melalui pola asuh. Ketiga, melalui pengetahuan. Keempat, melalui perubahan pribadi (kreativitas). Kelima, melalui persaudaraan. Keenam, melalui kepemimpinan pengabdian. Bangkitkan kembali NU di tengah masyarakat.
Keywords:
Pendampingan, MAKESTA, IPNU, IPPNU, NUDownloads
References
Arofani, A. N., & Pramesti, S. L. D. (2021). Pengaruh Keaktifan Mengikuti Kegiatan IPNU IPPNU terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa Kelas XI di SMK Islam Nusantara Kecamatan Comal. TADRIB : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7(2), 174–184. https://doi.org/10.19109/tadrib.v7i2.4611
Asnawi, H. S., Hidayatullah, R., Nur Amin, M., Asy, H., & Amrulloh, H. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter Penguatan Kapasitas Pelajar IPNU IPPNU Kota Metro dalam Industri Kreatif Melalui Pembuatan Paper Bag. JPMB : Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(2), 277–286.
Atqia, W., & Jannah, R. (2021). Pembinaan Sikap Tanggung Jawab dan Religius Remaja melalui Organisasi IPNU IPPNU Desa Gumawang Kecamatan Wiradesa. Nusantara, 3(3), 326–339. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/1329
Fibrianti, A. K., Najitama, F., & Soleh, A. N. (2023). Internalisasi Nilai-Nilai Aswaja dalam Organisasi IPNU IPPNU Pimpinan Anak Cabang (PAC) Sempor. Tarbi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 109– 120.
Hudi, S., & Nur Budiono, A. (2022). Pendampingan dan Pelatihan Instruktur Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatu Ulama (IPNU) Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Putri Nahdlatu Ulama (IPPNU) Kabupaten Jember Di Mima 33 Tarbiyatul Islamiyah Ambulu. Jurnal Al-Khidmah, 1(1), 13–24. https://doi.org/10.56013/jak.v1i1.1119
Khusnan, A., & Syaifullah, M. A. (2021). Optimalisasi Peran Organisasi IPNU IPPNU Dalam Menanamkan Karakter Religius Remaja. FATAWA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 43–51. https://doi.org/10.37812/fatawa.v2i1.389
Mardatilla, A. (2022). Kenakalan Remaja Dan Upaya Penanggulangannya Di Desa Senggigi, Kec.Batulayar, Kab.Lombok Barat Nusa Tenggara Barat. Retorika: Journal of Law, Social, and Humanities, 1(1), 43–56.
Mukhlis, A., Riziq, M., & Susanto, H. (2021). Peran Komunitas Sosial Keagamaan dalam Meningkatkan Religiusitas Remaja: Studi pada IPNU-IPPNU Ranting Capgawen Selatan, Kabupaten Pekalongan. Komunitas, 12(1 SE-Articles), 50–61. https://journal.uinmataram.ac.id/index.php/komunitas/article/view/3633
Pangestuti, R. (2017). Penanaman Nilai-Nilai Religius Pada Remaja Melalui Organisasi Ipnu-Ippnu Ranting Pasir Wetan Kecamatan Karang Lewas. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/id/eprint/2871
Rizki, R. H., Sunhaji, & Muflikhatul Hidayah. (2022). Penguatan Nilai- Nilai Pendidikan Agama Islam Berbasis Karakter Melalui Organisasi Ipnu Ippnu Di Desa Kroya. Khuluqiyya: Jurnal Kajian Hukum Dan Studi Islam, 4(1), 98–108. https://doi.org/10.56593/khuluqiyya.v4i1.75
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Antika Putri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.