Edukasi Berbasis Video Melalui Barcode (EVIBAR) Sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Keluarga Pasien di Paviliun Melati RSUD dr. H. Koesnadi Bondowoso
DOI:
https://doi.org/10.58545/djpm.v3i2.324Abstract
Paviliun Melati merupakan ruang rawat inap khusus untuk perawatan anak yang dilengkapi dengan fasilitas perawatan kelas 1, 2, 3, PICU, HCU, dan ruang isolasi yang terdiri dari 2 gedung A dan B serta terdiri dari lantai 1 dan lantai 2. Pada tahun 2023, prevalensi tertinggi kasus penyakit diare, dan menjadi salah satu penyebab utama kematian. Edukasi berbasis video melalui barcode kepada keluarga pasien sangat penting sebagai upaya peningkatan pengetahuan. Tujuan pengabdian ini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan keluarga pasien di Paviliun Melati. Pengabdian ini menggunakan edukasi berbasis video melalui barcode. Dari 10 peserta yang mengikuti Pre-Tes dan Post-Tes, usia 19-59 sebanyak 10 arang (90%) dan usia >60 tahun sebanyak 1 orang (10%) dan hasil pre-tes 5 peserta (50%) memiliki nilai baik sedangkan hasil post-tes 8 orang (80%) memiliki nilai yang baik. Berdasarkan hasil Pre-Test dan Post-Tes dari 10 orang peserta edukasi berbasis video melalui barcode, mengalami peningkatan pengetahuan sebanyak 30% dan inovasi ini dapat dipergunakan secara rutin sebagai upaya peningkatan pengetahuan keluarga pasien dan guna untuk meningkatkan mutu pelayanan di Paviliun Melati.
Keywords:
Edukasi, Video, Barcode, Pengetahuan, DiareDownloads
References
Ali, M. B. (2024). Prevalence of Diarrhea and Associated Risk Factors among Children Aged Under Five Years Presenting at Hoima Regional Referral Hospital. Newport International Journal of Research in Medical Sciences, 5(1), 106–117. https://doi.org/10.59298/nijrms/2024/105.11557.1400
Badawi, M., SalahEldin, M., Idris, A., Idris, E., & Mohamed, S. (2024). Diarrheal Diseases Prevalence Among Children Of Sudan And Socio Cultural Risks Related; Systematic Review and Meta Analysis. BMC Infectious Diseases, 24(1), 1–11. https://doi.org/10.1186/s12879-023-08920-7
Black, R. E., Perin, J., Yeung, D., Rajeev, T., Miller, J., Elwood, S. E., & Platts-Mills, J. A. (2024). Estimated global and regional causes of deaths from diarrhoea in children younger than 5 years during 2000–21: a systematic review and Bayesian multinomial analysis. The Lancet Global Health, 12(6), e919–e928. https://doi.org/10.1016/S2214-109X(24)00078-0
Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso. (2019). Laporan Dinas Kesehatan Bondowoso. https://dinkes.bondowosokab.go.id/profil/profil-kesehatan/
Dinas Kesehatan Propinsi Jawa Timur. (2019). Laporan Provinsi Jawa Timur https://repository.badankebijakan.kemkes.go.id/id/eprint/3901/
Fereidouni, Z., Sabet Sarvestani, R., Hariri, G., Kuhpaye, S. A., Amirkhani, M., & Najafi Kalyani, M. (2019). Moving Into Action: The Master Key to Patient Education. Journal of Nursing Research, 27(1), 1–8. https://doi.org/10.1097/jnr.0000000000000280
Hidayat, A. A., & Uliyah, M. (2014). Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia. Jakarta: Selemba Medika.
Intan Pratiwi, L. Y., Darma Yanti, N. P. E., & Rahajeng, I. M. (2022). Video Edukasi Meningkatkan Pengetahuan Perawat Tentang Komunikasi Terapeutik Di Rumah Sakit. Coping: Community of Publishing in Nursing, 10(6), 658. https://doi.org/10.24843/coping.2022.v10.i06.p10
Jenkins, R. (2022). This is to certify that the dissertation prepared by Niccole Hyatt , PhD. May. https://www.utep.edu/chs/ihs/_Files/docs/current-students/Jenkins%20CV%20SPR22.pdf
Kementerian Kesehatan RI. (2018). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 44 tentang Penyelenggaraan Promosi Kesehatan Rumah Sakit. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/139671/permenkes-no-44-tahun-2018
Kementerian Kesehatan RI. (2023). Penanggulangan Pneumonia dan Diare 2023-2030. In https://perpustakaan.kemkes.go.id/books/rencana-aksi-nasional-penanggulangan-pneumonia-dan-diare-indonesia-2023-2030/
Loeng, S. (2018). Various ways of understanding the concept of andragogy. Cogent Education, 5(1), 1–15. https://doi.org/10.1080/2331186X.2018.1496643
Meidiana, R., Simbolon, D., & Wahyudi, A. (2018). Pengaruh Edukasi melalui Media Audio Visual terhadap Pengetahuan dan Sikap Remaja Overweight. Jurnal Kesehatan, 9(3), 478. https://doi.org/10.26630/jk.v9i3.961
Moll, I. (2024). A Psychological Critique of Knowles’ Andragogy as a Theory of Learning. Andragoška Spoznanja, 30(1), 151–170. https://doi.org/10.4312/as/16396
Nuzulia, A. (2023). The Effectiveness of Video-Based Education for Marine Conservation. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24. https://hdl.handle.net/10125/108111
Rekam Medis RSUD dr.H Koesnadi Kabupaten Bondowoso. (2023). Tidak dipublikasikan
Setiyawati, Y., Tutik, R., Hariyati, S., Anisah, S., Indonesia, U., Sakit, R., Pusat, K., Darat, A., & Soebroto, G. (2022). Melalui Terbentuknya Tim Perawat Edukator Di Rumah Sakit: a Pilot Study. Journal of Telenursing (JOTING), 4(1), 297–310. https://doi.org/10.31539/joting.v4i1.3235
Wahyuni, Sri. (2019). Tesis Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Leaflet dan Media Audiovisual Terhadap Tingkat Pengetahuan Hand Hygiene Keluarga Pasien di Ruang Melati 3 RSUD Dr. Moewardi. STIKes Kusuma Husada Surakarta. https://eprints.ukh.ac.id/id/eprint/82/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kiki Maria, Nurfika Asmaningrum, Wahyuni Fauziah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.