Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Santriwati di Pondok Pesantren Al-Madienah Jombang
DOI:
https://doi.org/10.58545/djpm.v2i2.181Abstract
Bahasa Indonesia merupakan Bahasa persatuan, sedangkan Bahasa Inggris Menjadi Bahasa Asing. Bahasa Inggris adalah Bahasa Internasional yang digunakan untuk komunikasi, memahami buku ilmiah yang ditulis dalam Bahasa Asing, Jurnal, atau Bahasa Pada website di era digital saat ini Tujuan dari Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris santriwati Pondok Pesantren Al Madienah Jombang. Kegiatan pengabdian menggunakan pendekatan partisipatif yang memberikan peran aktif peserta selama proses dan pelaksanaan kegiatan ini dengan memahami Bahasa Inggris dan mampu berkomunikasi aktif menggunakan Bahasa Inggris. Kegiatan ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Al Madienah Denanyar, Kabupaten Jombang dan dihadiri oleh 100 santriwati. Paserta sangat antusias dengan jalan nya diskusi dan tanya jawab. yang diselenggarakan oleh tim pelaksana. Santriwati diwajibkan untuk menggunakan Bahasa Inggris sebagai komunikasi sehari - hari, sehingga komunikasi dan diskusi berjalan lancar. Santriwati mendapatkan pengalaman baru dalam pemahaman Bahasa Inggris. Kewajiban untuk berbicara Bahasa Inggris membantu proses pelaksanaan pengabdian masyarakat, sehingga para santriwati mampu untuk berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris.
Keywords:
Bahasa Inggris, Pondok Pesantren, SantriwatiDownloads
References
Fadillah, M. (2020) ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Pemanfaatan Media Audio-Visual Di Kelas Rendah’, Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 1(1), p. 16. https://doi.org/10.30596/jppp.v1i1.4453. DOI: https://doi.org/10.30596/jppp.v1i1.4453
Hartati, E. (2013) ‘The Language Functions Used by Teachers of Content Subjects Using English as the Medium of Instruction’, English Education Journal, 3(2), pp. 85–93. Available at: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eej
Huang, H. M. dan Liaw, S. S. (2018) ‘An analysis of learners’ intentions toward virtual reality learning based on constructivist and technology acceptance approaches’, International Review of Research in Open and Distance Learning, 19(1), pp. 91–115. https://doi.org/10.19173/irrodl.v19i1.2503 DOI: https://doi.org/10.19173/irrodl.v19i1.2503
Husein, A. M. dan Dewi, R. K. (2019) ‘Peningkatan Kemampuan Pragmatis Penguasaan Bahasa Inggris Bagi Guru di MTs. Jauharul Ulum Desa Locancang Panarukan Situbondo’, Dedication : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), pp. 39–44. https://doi.org/10.31537/dedication.v3i1.184 DOI: https://doi.org/10.31537/dedication.v3i1.184
Lestari, S. (2018) ‘Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi’, Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), pp. 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459 DOI: https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459
Nuraini dan Muliawan, W. (2020) ‘Development of Science Learning with Project Based Learning on Science Process Skill : A Needs Analysis Study’, Journal of Physics: Conference Series, 1539(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1539/1/012055 DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1539/1/012055
Oktaviana (2010) ‘“Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Di SMKN 1 Rupat Utara, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis”.’, Jurnal Pendidikan, 15(1), pp. 156–179. Available at: http://epa.sagepub.com/content/15/2/129.short%0Ahttp://joi.jlc.jst.go.jp/JST.Journalarchive/materia1994/46.171?from=CrossRef
Pappas, I. O. dkk . (2021) ‘Correction to: Digital Transformation for a Sustainable Society in the 21st Century’, (September), pp. C1–C1. https://doi.org/10.1007/978-3-030-29374-1_66 DOI: https://doi.org/10.1007/978-3-030-29374-1_66
Pransiska, R. (2017) ‘Benefits of Bilingualism in Early Childhood: A Booster of Teaching English to Young Learners’, (January 2017). https://doi.org/10.2991/icece-16.2017.68 DOI: https://doi.org/10.2991/icece-16.2017.68
Putranti, B. . & A. S. (2019) ‘Pentingnya Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Sekolah Dasar Di Lingkungan Rt 37 Rw 13 Kelurahan Giwangan Kecamatan Umbulharjo’, Jurnal Dharma Bakti-LPPM IST AKPRIND Yogyakarta, 2(2), pp. 177–183.
Rao, P, S. (2019) ‘The importance of speaking skills in English classrooms’, Alford Council of International English & Literature Journal, 2(2), pp. 6–18. Available at: www.acielj.com.
Sarini Dewi, N. K. (2021) ‘EFL Pre-Service Teachers’ Perception of Their Readiness in Teaching Online during Covid-19 Pandemic’, The Art of Teaching English as a Foreign Language, 2(1), pp. 83–88. https://doi.org/10.36663/tatefl.v2i1.172 DOI: https://doi.org/10.36663/tatefl.v2i1.172
Simbolon, J., Haidir, H. dan Daulay, I. (2019) ‘Pengaruh Penggunaan Model Kontekstual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 05 Medan’, Kompetensi, 12(2), pp. 116–121. https://doi.org/10.36277/kompetensi.v12i2.25 DOI: https://doi.org/10.36277/kompetensi.v12i2.25
Thariq, P. A. dkkl. (2021) ‘Sosialisasi Pentingnya Menguasai Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa’, Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(2), p. 316. https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i2.2835 DOI: https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i2.2835
Waris, A. M. (2012) ‘Code Swtching and Mixing’, Jurnal Dakwah Tabligh, 13(1), pp. 123–135.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Iin Noviana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.