DEDIKASI SAINTEK Jurnal Pengabdian Masyarakat https://ebsina.or.id/journals/index.php/djpm <p style="text-align: justify;">DEDIKASI SAINTEK Jurnal Pengabdian Masyarakat merupakan jurnal elektronik yang mewadahi artikel hasil pelaksanaan pengabdian masyarakat dengan fokus pada area sains dan teknologi yang dikelola secara profesional dengan menggunakan <em>open journal system</em>. DEDIKASI SAINTEK diterbitkan 3 kali dalam satu tahun yaitu pada bulan April, Agustus dan Desember.</p> <pre id="tw-target-text" class="tw-data-text tw-text-large JgzqYd RES9jf tw-ta" dir="ltr" data-placeholder="Terjemahan"> </pre> en-US fahruddinkurdi@gmail.com (Ns. Fahruddin Kurdi, S.Kep., M.Kep) ebsinaor@ebsina.or.id (Yoyok Iswandi, SKp., BN., RN. ) Sun, 31 Aug 2025 00:00:00 +0000 OJS 3.3.0.13 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Edukasi Kesehatan Tentang Epilepsi Sebagai Implementasi Upaya Promotif Kesehatan Jiwa Pada Remaja di Sekolah https://ebsina.or.id/journals/index.php/djpm/article/view/559 <p>Remaja merupakan kelompok usia dengan awitan epilepsi tertinggi secara global. Terdapat 30–35% kasus epilepsi pada anak dan remaja di Indonesia pertama kali terdeteksi saat berada di sekolah, baik saat kegiatan belajar, olahraga, maupun saat istirahat, namun banyak kasus yang tidak terdiagnosis dan tidak mendapatkan perawatan yang memadai. Kurangnya pemahaman tentang epilepsi pada remaja di sekolah menyebabkan remaja melakukan pertolongan pertama dengan salah saat melihat temannya mengalami kejang sehingga membahayakan keselamatan penderita epilepsy. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman remaja di sekolah mengenai epilepsi melalui edukasi kesehatan sebagai bagian dari upaya promotif dalam kesehatan jiwa. Kegiatan dilaksanakan di salah satu sekolah jenjang Madrasah Aliyah di wilayah Kabupaten Mojokerto, dengan melibatkan 85 siswa. Metode edukasi dilakukan melalui ceramah, diskusi interaktif, dan simulasi penanganan epilepsi di sekolah. Evaluasi dilakukan menggunakan pre-test dan post-test guna mengukur peningkatan pengetahuan siswa. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada tingkat pengetahuan siswa tentang epilepsi, terutama terkait mitos yang keliru, penanganan pertama saat kejang, serta pentingnya sikap empatik terhadap penderita epilepsi. Kegiatan ini menunjukkan bahwa edukasi kesehatan berbasis sekolah efektif dalam meningkatkan literasi kesehatan jiwa di kalangan remaja. Diharapkan kegiatan serupa dapat dilakukan secara berkelanjutan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif dan suportif bagi semua individu, khususnya yang memiliki kondisi neurologis seperti epilepsi.</p> Nurul Mawaddah, Siti Rachmah Copyright (c) 2025 Nurul Mawaddah https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ebsina.or.id/journals/index.php/djpm/article/view/559 Sat, 02 Aug 2025 00:00:00 +0000 Optimalisasi Pencegahan Pre Eklampsia Melalui Program Kelas Ibu Hamil di Desa Banjardowo Kabupaten Jombang https://ebsina.or.id/journals/index.php/djpm/article/view/545 <p>Pre eklampsia merupakan salah satu penyebab utama kematian ibu di Indonesia, termasuk di Kabupaten Jombang. pre eklampsia menyumbang sekitar 25% dari total kematian ibu. Rendahnya pengetahuan ibu hamil tentang tanda bahaya dan pencegahan pre eklampsia menjadi salah satu penyebab keterlambatan deteksi dini. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengoptimalkan pencegahan pre eklampsia melalui program kelas ibu hamil di Desa Banjardowo Kabupaten Jombang. Pengetahuan ibu hamil tentang preeklamsia dinilai menggunakan tes pra dan pasca. Kelas kehamilan dilaksanakan empat kali, dan setiap kali peserta mempelajari tentang preeklamsia dan bahaya kehamilan. Skrining preeklamsia untuk ibu hamil juga dilakukan menggunakan Buku Panduan KIA. Delapan dari dua belas ibu hamil (66,7% dari total) dianggap berisiko rendah terkena preeklamsia, sementara empat (33,3%) dianggap berisiko tinggi. Selain itu, selama tes pra dan pasca, kesadaran ibu hamil tentang preeklamsia meningkat, karena 66,7% (8) memiliki pemahaman yang kuat. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman ibu hamil dan keluarga mengenai pre eklampsia, mendorong kepatuhan dalam pemeriksaan antenatal, serta mendukung upaya penurunan angka kematian ibu. Optimalisasi kelas ibu hamil menjadi langkah strategis dalam pencegahan pre eklampsia yang berkelanjutan di tingkat desa.</p> Mudhawaroh, Septi Fitrah Ningtyas, Kolifah, Chanda Paramitha Bherty Copyright (c) 2025 Mudhawaroh https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ebsina.or.id/journals/index.php/djpm/article/view/545 Sat, 02 Aug 2025 00:00:00 +0000 Pelatihan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Untuk Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri Raden Wijaya Wonogiri https://ebsina.or.id/journals/index.php/djpm/article/view/560 <p>Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa STABN Raden Wijaya Wonogiri, khususnya calon guru, dalam mengembangkan media pembelajaran kekinian yang interaktif dan berbasis teknologi. Di era digital, guru dituntut tidak hanya menguasai materi, tetapi juga mampu menyampaikan pembelajaran secara menarik dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Dalam kegiatan ini, peserta dilatih menggunakan perangkat lunak Macromedia Flash 8, yang memungkinkan pembuatan media interaktif berbasis animasi dan multimedia. Metode pelatihan meliputi pemaparan teori, demonstrasi penggunaan Flash 8, dan praktik langsung membuat media pembelajaran. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa mahasiswa mengalami peningkatan pemahaman dan keterampilan dalam merancang media pembelajaran interaktif. Pelatihan ini diharapkan menjadi bekal yang bermanfaat bagi mahasiswa dalam mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif di masa depan.</p> Nibras Faiq Muhammad, Ridwan Dwi Irawan Copyright (c) 2025 Nibras Faiq Muhammad https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ebsina.or.id/journals/index.php/djpm/article/view/560 Wed, 06 Aug 2025 00:00:00 +0000 Peningkatan Kompetensi Guru HIMPAUDI dalam Pemanfaatan Media Digital Interaktif PAUD Berbasis Aplikasi di Kabupaten Kuburaya https://ebsina.or.id/journals/index.php/djpm/article/view/530 <p>Peningkatan kualitas pendidikan anak usia dini (PAUD) menjadi krusial di era digital, menuntut guru untuk mampu mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran. Namun, kompetensi guru PAUD, khususnya dalam pemanfaatan media digital interaktif, masih menjadi tantangan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru PAUD anggota HIMPAUDI di Kuburaya melalui pelatihan intensif. Metode yang digunakan adalah pendidikan masyarakat berupa in house training yang berfokus pada pengenalan, operasional, dan perancangan pembelajaran menggunakan aplikasi edukasi interaktif dan storytelling digital. Sasaran kegiatan adalah 40 guru PAUD anggota HIMPAUDI Kabupaten Kuburaya yang dipilih secara purposif. Data dikumpulkan melalui pre-test, post-test, dan kuesioner kepuasan, kemudian dianalisis secara kuantitatif (statistik deskriptif dan uji-t berpasangan) serta kualitatif. Hasil menunjukkan peningkatan pengetahuan guru yang signifikan (rata-rata skor pre-test 70,13 menjadi post-test 94,87) dengan nilai p &lt; 0.05, serta tingkat kepuasan peserta yang sangat tinggi (rata-rata 4.6 dari 5). Pembahasan menegaskan efektivitas pelatihan berbasis praktik langsung dalam peningkatan kompetensi. Kesimpulannya, kegiatan ini berhasil meningkatkan kapasitas guru PAUD, mendorong inovasi pembelajaran, dan merekomendasikan keberlanjutan program serupa serta pembentukan komunitas praktisi untuk pendampingan.</p> Riski Annisa, Panny Agustia Rahayuningsih, Anna, Mohammad Kamal Reza Copyright (c) 2025 Panny Agustia Rahayuningsih https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://ebsina.or.id/journals/index.php/djpm/article/view/530 Fri, 08 Aug 2025 00:00:00 +0000